Penulis Utama : Tarisa Maura Safitri
NIM / NIP : B0120066
×

Tarisa Maura Safitri. B0120066. 2024. Reduplikasi Bahasa Jawa dalam Novel Puspita Rinengga Karya Tulus Setiyadi (Kajian Morfologi). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apa sajakah jenis reduplikasi bahasa Jawa yang terdapat dalam novel Puspita Rinengga karya Tulus Setiyadi?; (2) bagaimanakah makna reduplikasi bahasa Jawa yang terdapat dalam novel Puspita Rinengga karya Tulus Setiyadi?; dan (3) bagaimanakah fungsi reduplikasi bahasa Jawa yang terdapat dalam novel Puspita Rinengga karya Tulus Setiyadi?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) menyebutkan jenis reduplikasi bahasa Jawa yang terdapat dalam novel Puspita Rinengga karya Tulus Setiyadi; (2) mendeskripsikan makna reduplikasi bahasa Jawa yang terdapat dalam novel Puspita Rinengga karya Tulus Setiyadi; dan (3) mendeskripsikan fungsi reduplikasi bahasa Jawa yang terdapat dalam novel Puspita Rinengga karya Tulus Setiyadi.

 

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Puspita Rinengga karya Tulus Setiyadi. Data dalam penelitian ini berupa kalimat yang di dalamnya mengandung kata yang mengalami proses reduplikasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode simak dengan teknik catat. Analisis data dalam penelitian menggunakan metode agih dengan teknik lanjutan yaitu teknik ganti dan teknik lesap. Metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal.

 

Berdsasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut:(1) jenis reduplikasi terdiri dari (a) dwilingga, (b) dwilingga salin swara, (c­)  lingga semu, (d) dwipurwa, (e) dwiwasana, (f) dwiandhahan, (g) prefiks + R, (h) sufiks +R, dan (i) prefiks + R + sufiks; (2) makna gramatikal yang ditemukan (a) jamak/pluralitas, (b) kontinuitas,  (c) ketidakpastian, (d) berharap, (e) penekanan, (f) penegasan, (g) intensitas, (h) tidak mengubah arti bentuk dasar, (i) kondisi, (j) atenuasi, (k) kepemilikan, (l) keanekaragaman, (m) tiruan, (n) keterkejutan, (o) kolektivitas, dan (p) resiprokasi; (3) fungsi gramatikal reduplikasi terdapat reduplikasi infleksional dan reduplikasi derivasional.

×
Penulis Utama : Tarisa Maura Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0120066
Tahun : 2024
Judul : REDUPLIKASI BAHASA JAWA DALAM NOVEL PUSPITA RINENGGA KARYA TULUS SETIYADI (KAJIAN MORFOLOGI)
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : morfologi, reduplikasi, makna gramatikal, fungsi, Puspita Rinengga
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.
Penguji : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.