Penulis Utama : Indriawati Anggraini
NIM / NIP : H0720093
×

Padi merupakan salah satu komoditas utama tanaman pangan yang menjadi kebutuhan dasar penduduk Indonesia. Keberadaan gulma di lahan pertanian padi sawah dapat menyebabkan kerugian pada tanaman, baik secara langsung maupun tidak langsung akibat kandungan zat alelopati.  Zat alelopati umumnya ditemukan dalam ekstrak tumbuhan dan sisa tumbuhan di dalam tanah. Metode pengendalian gulma dengan dibenamkan langsung di lahan sawah bertujuan untuk menguraikan sisa tanaman dan meningkatkan bahan organik tanah, tetapi jika gulma yang dibenamkan masih mengandung senyawa alelopati, maka dapat berdampak negatif pada pertumbuhan dan hasil padi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dosis pemberian ekstrak gulma yang mulai berpotensi menghambat pertumbuhan dan hasil padi sawah.


Penelitian dilaksanakan di Rumah Kaca A Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, Kelurahan Kentingan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah pada bulan Desember 2023 hingga April 2024. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan lingkungan Rancangan acak lengkap dengan 10 perlakuan yaitu tanpa ekstrak gulma, ekstrak Echinochloa crus-galli (L.) P. Beauv. dengan dosis 3, 9, dan 15 g, ekstrak Ludwigia octovalvis (Jacq.) Raven. dengan dosis 3, 9, dan 15 g, dan ekstrak Leptochloa chinensis (L.) Nees dengan dosis 3, 9, 15 g per 7,5 kg media tanam. Analisis data dilakukan menggunakan uji analisis keragaman ANOVA (Analisys of Varian) dengan taraf signifikansi 95%, dan dilakukan uji lanjut menggunakan uji kontras ortogonal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian beberapa ekstrak gulma memiliki pengaruh dalam meningkatkan jumlah daun, jumlah anakan, luas daun 5 dan 8 MSPT, jumlah stomata, laju fotosintesis, kandungan klorofil a, klorofil b, dan bobot 1000 bulir. Pemberian ekstrak gulma Echinochloa crus-galli (L.) P. Beauv. dengan dosis 3 g dapat meningkatkan kandungan klorofil a dan bobot 1000 bulir, Ludwigia octovalvis (Jacq.) Raven. dengan dosis 3 g dapat meningkatkan jumlah daun dan jumlah anakan, Ludwigia octovalvis (Jacq.) Raven. dengan dosis 9 g dapat meningkatkan luas daun 8 MSPT, Ludwigia octovalvis (Jacq.) Raven. dengan dosis 15 g dapat meningkatkan jumlah stomata, dan laju fotosintesis, Leptochloa chinensis (L.) Nees dengan dosis 3 g dapat meningkatkan kandungan klorofil b, dan Leptochloa chinensis (L.) Nees dengan dosis 15 g dapat meningkatkan luas daun pada 5 MSPT.

×
Penulis Utama : Indriawati Anggraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0720093
Tahun : 2024
Judul : Pengaruh Pemberian Beberapa Ekstrak Gulma terhadap Pertumbuhan dan Hasil Padi Sawah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2024
Program Studi : S-1 Agroteknologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Allelochhemicals, Allelopathy, Gramineae, Phytotoxic, Secondary metabolites
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Muji Rahayu, S.P., M.P.
2. Dr. Ir. Pardono, M.S.
Penguji : 1. Prof. Dr. Ir. Supriyono, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.