Penulis Utama : Zaini Nur Afifah
NIM / NIP : B0520060
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bentuk ism tafd̩īl pada novel Ráaitu Rāmallāh, (2) Mendeskripsikan teknik penerjemahan yang digunakan oleh penerjemah dalam menerjemahkan ism tafd̩īl pada novel Ráaitu Rāmallāh, (3) Mendeskripsikan pergeseran terjemahan yang terjadi pada terjemahan ism tafd̩īl pada novel Ráaitu Rāmallāh, (4) Mendeskripsikan kualitas terjemahan ism tafd̩īl pada novel Ráaitu Rāmallāh.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data penelitian berupa baca dan catat, kuisioner, dan juga wawancara. Sumber data penelitian berupa novel Ráaitu Rāmallāh berbahasa Arab dan terjemahannya berbahasa Indonesia yang terdiri dari 9 bab. Data yang ditemukan pada penelitian terdapat 90 ism tafd̩īl pada novel Ráaitu Rāmallāh. Adapun saat menganalisis data, penelitian ini menggunakan teknik analisis data milik Spradley, yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, ditemukan 4 bentuk ism tafd̩īl pada novel Ráaitu Rāmallāh, yaitu ism tafd̩īl yang terbebas dari alif lām dan id̩afah (48 data), ism tafd̩īl yang menggunakan alif lām (6 data), ism tafd̩īl yang di-id̩afah-kan dengan ism nakirah (26 data), dan ism  tafd̩īl yang di-id̩afah-kan dengan ism  màrifah (10 data). Kedua, ditemukan 6 teknik penerjemahan yaitu, teknik amplifikasi (7 data), teknik kompensasi (8 data), teknik kreasi diskursif (3 data), teknik kesepadanan lazim (67 data), teknik modulasi (5 data), dan teknik reduksi (2 data). Teknik penerjemahan yang paling banyak digunakan adalah teknik kesepadanan lazim dan paling sedikit digunakan adalah teknik kreasi diskursif. Ketiga, ditemukan pergeseran terjemahan yang terjadi pada terjemahan ism  tafd̩īl  yaitu, pergeseran bentuk pada tataran sintaksis (56 data), pergeseran bentuk  kategori kata (4 data), dan pergeseran makna dari makna generik ke makna spesifik (5 data).

Keempat,  kualitas terjemahan ism  tafd̩īl  memiliki rerata 2,7 dan dibulatkan menjadi 3 yang termasuk kategori terjemahan yang akurat, berterima, dan tingkat keterbacaan tinggi. Berdasarkan total penilaian dari tiga responden diperoleh 69 data akurat atau 76,7% dan 21 data kurang akurat atau 23,3%. Selain penilaian akurasi yang akurat, hasil terjemahan ism  tafd̩īl  juga berterima dan berdasarkan penilaian keberterimaan, diperoleh 80 data berterima atau 88,9% dan 10 data kurang berterima atau 11,1%. Kemudian terjemahan ism  tafd̩īl juga memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi dengan hasil penilaian tingkatan keterbacaan diperoleh 79 data memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi atau 87,8% dan 11 data memiliki tingkat keterbacaan rendah atau 12,2%.

×
Penulis Utama : Zaini Nur Afifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0520060
Tahun : 2024
Judul : Kajian Pergeseran dan Kualitas Terjemahan Ism Tafdil pada Novel Ra'aitu Ramallah Karya Mourid Barghouti
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : ism tafdil, novel raaitu ramallah, teknik penerjemahan, pergeseran terjemahan, kualitas terjemahan.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Abdul Malik, S.S., M. Hum.
2. Dr. Muhammad Yunus Anis, S.S, M.A.
Penguji : 1. Dr. Arifuddin., Lc., M.A.
2. Dr. Afnan Arummi., SHI., MA.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.