Penulis Utama : Rakha Alfirdaus Hikmatyar
NIM / NIP : B0120053
×

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu: (1) keterkaitan antarunsur struktur dan tekstur cerita pada naskah wayang kulit Lakuning Dharma karya Ki Riffky Bahtiyar; (2) kepribadian tokoh Mandhata yang terdapat dalam naskah wayang kulit Lakuning Dharma karya Ki Riffky Bahtiyar; (3) bentuk perilaku altruisme tokoh Mandhata dalam naskah wayang kulit Lakuning Dharma karya Ki Riffky Bahtiyar. 

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterkaitan antarunsur struktur dan tekstur cerita pada naskah wayang kulit Lakuning Dharma karya Ki Riffky Bahtiyar menggunakan teori struktur-tekstur drama George Riley Kernodle; (2) mendeskripsikan kepribadian tokoh Mandhata yang terdapat dalam naskah wayang kulit Lakuning Dharma karya Ki Riffky Bahtiyar menggunakan teori kepribadian Carl Gustav Jung; (3) mendeskripsikan bentuk perilaku altruisme tokoh Mandhata dalam naskah wayang Lakuning Dharma karya Ki Riffky Bahtiyar dalam permasalahan ini peneliti menggunakan teori perilaku altruisme David Guy Myers.

Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian sastra yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini mencakup naskah wayang kulit Lakuning Dharma sebagai sumber data primer, serta rekaman audio visual dari pertunjukan wayang kulit Lakuning Dharma dan penulis naskah, Ki Riffky Bahtiyar, sebagai sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik content analysis, observasi dokumen dan teknik wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis struktural dan analisis psikologi sastra.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) deskripsi mengenai keterkaitan antarunsur struktur naskah wayang kulit Lakuning Dharma karya Ki Riffky Bahtiyar dengan menggunakan teori struktur-tekstur drama George Riley Kernodle yang meliputi plot, karakter, tema, dialog, mood (suasana), dan spectacle yang terdapat di dalam naskah; (2) deskripsi kepribadian tokoh Mandhata yang terdapat dalam naskah wayang kulit Lakuning Dharma karya Ki Riffky Bahtiyar menggunakan teori kepribadian Carl Gustav Jung yang berupa fungsi jiwa rasional Mandhata dan sikap jiwa ekstravers Mandhata; (3) deskripsi bentuk perilaku altruisme tokoh Mandhata dalam naskah wayang Lakuning Dharma karya Ki Riffky Bahtiyar menggunakan teori perilaku altruisme David Guy Myers diantaranya tapa rame, memberikan nasihat, melindungi dan menyelamatkan rakyat Purwawideha dari penganiayaan, mengorbankan tubuhnya untuk dimangsa Harimau, dan tidak mengharapkan imbalan atas pertolongannya kepada para dewa. 


×
Penulis Utama : Rakha Alfirdaus Hikmatyar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0120053
Tahun : 2024
Judul : PERILAKU ALTRUISME TOKOH MANDHATA DALAM NASKAH WAYANG KULIT LAKUNING DHARMA KARYA KI RIFFKY BAHTIYAR (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : : Perilaku Altruisme, Naskah Wayang Kulit, Psikologi Sastra
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S., M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Suyatno, M.Si.
2. Siti Muslifah, S.S., M.Hum.
3. Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.