Penulis Utama : Icha Rahma Putri
NIM / NIP : B0120030
×

Icha Rahma Putri. B0120030. Permasalahan Sosial pada Enam Cerita Cekak dalam Buku Dokumentasi Karya Seni Taman Budaya Jawa Tengah September 2022 (Tinjauan Sosiologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universiatas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keterkaitan antar-unsur struktural pada enam cerita cekak dalam buku dokumentasi karya seni Taman Budaya Jawa Tengah September 2022?; (2) Bagaimana bentuk- bentuk masalah sosial pada enam cerita cekak dalam buku dokumentasi karya seni Taman Budaya Jawa Tengah September 2022?; (3) Bagaimana relevansi masalah sosial pada kehidupan zaman sekarang dari enam cerita cekak dalam buku dokumentasi karya seni Taman Budaya Jawa Tengah September 2022?

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan keterkaitan antar-unsur struktural pada enam cerita cekak dalam buku dokumentasi karya seni Taman Budaya Jawa Tengah September 2022; (2) Mendeskripsikan bentuk-bentuk masalah sosial pada enam cerita cekak dalam buku dokumentasi karya seni Taman Budaya Jawa Tengah September 2022; (3) Menjelaskan relevansi masalah sosial pada kehidupan zaman sekarang dari enam cerita cekak dalam buku dokumentasi karya seni Taman Budaya Jawa Tengah September 2022

Landasan teori penelitian ini adalah pengertian cerkak, pendekatan struktural Robert Stanton meliputi fakta cerita terdiri dari alur, tokoh, latar, dan tema. Sarana cerita terdiri dari judul, sudut pandang, gaya bahasa dan nada, simbolisme, dan ironi. Pendekatan sosiologi sastra, problem sosial sastra Soerjono Soekanto, serta relevansinya pada masyarakat sekarang, penulis mensinkronkannya dengan teori sosiologi dan sinkronisasi dengan data berita baik dari online maupun offline.

Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah enam cerita cekak dalam buku dokumentasi karya seni Taman Budaya Jawa Tengah September 2022. Data dalam penelitian ini berupa teks cerkak dan proses telaah terhadap teks cerkak berupa kata-kata, kalimat, dan kutipan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi atau content analysis.

Berdasarkan pembahasan didapatkan penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan antarunsur struktural yang utuh dan saling berjalinan antara struktur satu dengan yang lainnya; (2) Bentuk-bentuk masalah sosial pada enam cerita cekak dalam buku dokumentasi karya seni Taman Budaya Jawa Tengah September 2022, meliputi beberapa faktor (ekonomi, budaya, biologis, psikologis); (3) Terdapat relevansi masalah sosial dalam enam cerita cekak dalam buku dokumentasi karya seni Taman Budaya Jawa Tengah September 2022 dengan kehidupan zaman sekarang.

Kata Kunci: Permasalahan Sosial, Cerkak, Sosiologi Sastra

×
Penulis Utama : Icha Rahma Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0120030
Tahun : 2024
Judul : PERMASALAHAN SOSIAL PADA ENAM CERITA CEKAK DALAM BUKU DOKUMENTASI KARYA SENI TAMAN BUDAYA JAWA TENGAH SEPTEMBER 2022 (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Permasalahan Sosial, Cerkak, Sosiologi Sastra
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslifah, S.S., M.Hum.
Penguji : 1. Siti Muslifah, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.