Penulis Utama : Muhammad Zharfan Rafif
NIM / NIP : D0220065
×

    Pada era digital ini, media konvensional seperti televisi dianggap sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat modern. Masyarakat cenderung mengonsumsi media digital yang tersedia di berbagai platform. Tonight Show merupakan program tayangan yang menyajikan konten talkshow dan dikemas dengan hiburan, selingan informasi, musik, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh motif menonton Tonight Show terhadap tingkat kepuasan masyarakat Gen Z dalam mengakses media. Dengan menggunakan pendekatan Uses and Gratification, penelitian ini dilakukan dalam paradigma kuantitatif eksplanatif.

    Penelitian dilaksanakan di lingkungan kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta. Populasi penelitian ini terdiri dari maasiswa UNS secara umum yang menjadi bagian dari Gen Z. Sampel penelitian terdiri dari mahasiswa UNS yang merupakan penonton Tonight Show dan menjadi bagian dari Generasi Z.Proses pengambilan dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik sampling yakni cluster sampling pada mahasiswa UNS sebanyak 106 responden. Penghitungan analisis data dilakukan menggunakan program SPSS 25 guna mengolah data-data yang telah terkumpul selama proses penelitian. Peneliti melakukan analisis teknik regresi linier berganda serta uji pendukung lainnya untuk menguji pengaruh motif-motif menonton terhadap tingkat kepuasan mengakses media.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif afektif dan motif pelepasan ketegangan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan mengakses media di kalangan masyarakat Gen Z. Sementara itu, motif kognitif, motif integratif personal, dan motif integratif sosial tdak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan mengakses media. Hal tersebut didapatkan dari penghitungan sistematis melalui analisis program SPSS. Temuan ini memberikan wawasan penting mengenai preferensi dan kebutuhan audiens terhadap konten media konvensional seperti Tonight Show di era digital saat ini.

    Sebagian motif dalam penelitian ini memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan mengakses media, sementara sebagian lainnya tidak memiliki pengaruh signifikan. Maka dari itu, sebaiknya Tonight Show dapat merancang program tayangan dengan mempertimbangkan keberagaman dalam jenis pendekatan yang ditawarkan. Hal ini dapat meningkatkan daya tarik acara bagi masyarakat Gen Z yang memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda.

×
Penulis Utama : Muhammad Zharfan Rafif
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0220065
Tahun : 2024
Judul : MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES MEDIA PADA GEN Z (Studi Pengaruh Motif Menonton Acara Tonight Show NET TV terhadap Tingkat Kepuasan Mengakses Media di Kalangan Gen Z Mahasiswa UNS Tahun 2024)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2024
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Uses and Gratification, Motif, Media
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hamid Arifin, M.Si
Penguji : 1. Drs. Ign. Agung Satyawan, S.E., S.I.Kom., M.Si., Ph.D.
2. Eka Nada Shofa Alkhajar, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.