Penulis Utama : Savina Andin Damayanti
NIM / NIP : B0419054
×

Savina Andin Damayanti. B0419054. Lahir dan Berkembangnya Kusuma Sari di Surakarta Tahun 1970-2023. Skripsi Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kusuma Sari merupakan katering sekaligus restoran yang terletak di Kota Surakarta. Menu – menu yang dijual terinspirasi dari hidangan yang disajikan Keraton Surakarta saat menyambut para tamu Eropa masa pemerintahan Hindia Belanda. Penelitian ini bertujuan, pertama, mengetahui sosok pendiri Kusuma Sari. Kedua, menjelaskan latar belakang berdiri, perkembangan, dan menu populer Kusuma Sari pada tahun 1970-2023. Ketiga, menjelaskan peran Kusuma Sari dalam menyemarakkan kuliner di Surakarta.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian historis yang terdiri dari empat tahapan. Pertama, tahap Heuristik atau pengumpulan sumber data. Kedua, Kritik Sumber untuk mendapatkan kredibilitas sumber. Ketiga, Interpretasi untuk menganalisis data – data yang saling berhubungan. Keempat, Historiografi atau penulisan sejarah. Penelitian ini memanfaatkan sumber sezaman dan lisan sebagai sumber utama. Narasumber yang diwawancarai antara lain: salah satu penerus generasi ketiga Kusuma Sari sekaligus menjabat sebagai Direktur F&B (Food & Beverages), Manager HRD (Human Resource Development), karyawan yang bekerja sejak tahun 1974 yang sekarang menjadi staf keuangan, karyawan yang bekerja sejak tahun 1990 yang sekarang menjadi staf customer service, Supervisior Restoran, Manager lain, dan beberapa pelanggan Kusuma Sari. Sumber data lain yang dipakai berupa buku – buku mengenai kuliner di Surakarta, artikel mengenai pemetaan wilayah kuliner di Surakarta, skripsi dan tesis mengenai kuliner makanan dan minuman di Surakarta, serta sumber lainnya yang sezaman dengan  penelitian ini. 

Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, Bu Menggung mendirikan Kusuma Sari pada tahun 1970 sebagai katering dengan menu – menu yang terinspirasi dari hidangan perjamuan Keraton Surakarta terhadap tamu – tamu Eropa. Dalam mengawali bisnis ini, ia dibantu oleh seorang mantan koki keraton yang bernama Pak Wiro. Kedua, bisnis Kusuma Sari dilanjutkan oleh enam orang anak Bu Menggung sebagai generasi kedua pada tahun 1980-an. Kusuma Sari kemudian melebarkan sayap menjadi restoran pada tahun 1990 dengan katering yang masih berjalan. Bisnis pun kembali dilanjutkan oleh cucu – cucu Bu Menggung sebagai generasi ketiga mulai tahun 2017. Ketiga, Kusuma Sari turut serta menyemarakkan varian makanan khas Surakarta. Dapat disimpulkan bahwa Kusuma Sari yang telah bertahan selama 50 tahun lebih merupakan hasil ajaran dari Bu Menggung. Ia beramanat untuk menjaga rasa kekeluargaan sesama penerus dan karyawan serta selalu melayani pelanggan dengan baik. Kusuma Sari juga turut menyemarakkan varian makanan di Surakarta dengan Sup Kusuma Sari dan Chicken Steak Hot Plate yang khas. 


Kata kunci: Kusuma Sari, kuliner, katering, restoran, Surakarta


×
Penulis Utama : Savina Andin Damayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0419054
Tahun : 2024
Judul : Lahir dan Berkembangnya Kusuma Sari di Surakarta Tahun 1970-2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kusuma Sari, kuliner, katering, restoran, Surakarta
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Waskito Widi Wardojo, M.A.
Penguji : 1. Dr. Waskito Widi Wardojo, M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.