Penulis Utama : Intan Maharani
NIM / NIP : K8412034
×

Berkembang pesatnya teknologi membuat manusia dapat memanfaatkan gawai yang mereka miliki untuk bermacam kepentingan. Permainan daring yang dinikmati oleh sebagian pengguna gadget membawa sejumlah dampak bagi para pemainnya. Tentunya dampak yang ditimbulkan oleh game online berbeda pada masing-masing individu tergantung rentang usia dan latar pendidikan tertenu. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa permainan daring dapat menimbulkan perubahan perilaku pada remaja yang masih berada di usia sekolah. Penelitian ini mengusung topik perubahan perilaku siswa karena kecanduan permainan online. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk membantu memberikan sudut pandang teoritis tentang fenomena kecanduan permainian online dan juga menemukan solusi dari permasalahan yang ada. Penelitian ini menggunakan  metode  kualitatif deskriptif  dan  bertujuan memberikan  gambaran  yang jelas mengenai fenomena perubahan perilaku mulai diidentifikasi oleh jajaran guru yang kemudian dicarikan penawar dan dibentuk upaya pencegahannya; agar fenomena kecanduan ini tidak menyebar pada siswa lain. Data-data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan wawancara dan observasi.
Mengambil lokasi di SMK Bhina Karya Karanganyar yang para peserta didiknya tidak luput dari buai permainan online yang ditunjukkan oleh perubahan-perubahan perilaku yang mencolok. Seperti menantikan jam pulang di akhir pekan, bersikap kurang semangat pada awal minggu, kurang mampu berkonsentrasi pada pelajaran. Fenomena kecanduan  ini  menjadi  masalah  bersama  karena  melihat  masyarakat  dibentuk  atas perilaku kolektif dari para anggotanya. Dikhawatirkan jika hal ini dibiarkan berlanjut maka tidak akan jadi sekadar kecanduan, tapi berkembang menjadi perilaku kelompok akibat adanya persebaran pemikiran dan respons terhadap rangsang.
Langkah-langkah tersebut berupa memberikan teguran langsung, penyuluhan di kalangan orangtua/wali, menggalakkan kegiatan ekstrakurikuler dan mewajibkan salah satunya untuk mendorong siswa untuk bersosialisasi serta berorganisasi. Serangkaian kegiatan  ekstrakurikuler  tersebut  bertujuan  untuk  mengalihkan  kecenderungan sosiometrik siswa agar tidak mengisi waktu luang dengan kegiatan yang merugikan untuk diri sendiri. Selain itu pihak sekolah melakukan pendekatan pada orangtua untuk mengurangi kecanduan terhadap permainan daring lewat meningkatkan perhatian, kedekatan  keluarga,  dan  peraturan  di  dalam  rumah.  Sumbangsih  penelitian  ini  bagi sekolah terkait adalah untuk memberikan sudut pandang baru terhadap fenomena yang dihadapi oleh sekolah sekaligus memperoleh langkah lain untuk mengatasi dan mengantisipasi kecanduan game online di kalangan siswa.

Kata Kunci:
game online, permainan daring, kecanduan, perubahan perilaku

×
Penulis Utama : Intan Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412034
Tahun : 2019
Judul : Fenomena Perubahan Perilaku Siswa Sebagai Dampak Kecanduan Game Online di SMK Bhina Karya Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K8412034
Kata Kunci : game online, permainan daring, kecanduan, perubahan perilaku
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. rer.nat. Nurhadi, S.Amt., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum : Lamp ubpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.