Penulis Utama : Muhammad Amin Rois
NIM / NIP : A122002006
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai karakter (1) Taqwa, (2) Tanggap, (3) Tangguh, (4) Tanggon, dan (5) Trengginas pada atlet Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jawa Tengah Tahun 2023.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposivel sampling dengan kriteria informan yang telah belajar di PPLOP Jawa Tengah minimal 2 tahun. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) pengambilan kesimpulan/verifikasi. Pada langkah penarikan kesimpulan, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.

Hasil wawancara menunjukkan (1) Nilai Taqwa: selbagian belsar atlelt melnjaga ibadah salat dan tidak pelrnah mellelwatkan salat, belrsikap jujur delngan pellatih dan melghindari melncuri atau tidak melngambil barang telman. (2) Nilai Tanggap: sebagian besar atlet tidak pernah menyakiti teman secara disengaja, berusaha selalu membantu teman yang kesusahan, dan berinisiatif membantu apabila ada teman yang terlihat mengalami kesulitan. (3) Nilai Tangguh: selbagian belsar atlelt belrusaha melnjadi pribadi yang kuat selcara fisik dan melntal dan pantang melnyelrah dalam melnggapai prelstasi di cabang olahraga pelncak silat. (4) Nilai Tanggon: selbagian belsar atlelt belrlatih displin dan deldikasi tinggi, melnghindari pelrkellahian di luar ring atau pelrtandingan, dan melngontrol atau melngelndalikan elmosi saat seldang melndapat masalah. (5) Nilai Trengginas: selbagian belsar atlelt melngimplelmelntasikan nilai trelngginas delngan cara fokus pada tujuan hidup dan belrlatih delngan sungguh-sungguh, disiplin dan deldikasi tinggi, selrta melnaati pelraturan-pelraturan yang belrlaku.

Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, (1) Nilai karakter Taqwa diwujudkan dengan tidak meninggalkan ibadah salat, tidak berbohong dengan pelatih, dan tidak mengambil barang-barang teman. (2) Nilai karakter Tanggap diwujudkan tidak menyakiti teman secara sengaja dan membantu teman yang kesusahan baik diminta maupun tidak. (3) Nilai karakter Tangguh diwujudkan dengan pantang menyerah dan ulet melarih prestasi. (4) Nilai karakter Tanggon diwujudkan disiplin dan dedikasi tingi serta dapat mengendalikan emosi untuk menghindari berkelahi di luar lapangan. (5) Nilai karakter Trengginas diwujudkan dengan antusias dan bekerja keras meraih prestasi.

×
Penulis Utama : Muhammad Amin Rois
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A122002006
Tahun : 2024
Judul : KARAKTER ATLET PENCAK SILAT (Studi Kasus: Nilai-Nilai Pencak Silat pada Atlet Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Jawa Tengah Tahun 2023)
Edisi :
Imprint : Kota Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Karakter, Pencak Silat, Nilai-Nilai, Atlet Pelajar
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://www.turkishkinesiology.com/index.php/ahe/article/view/103
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd
2. Febriani Fajar Ekawati, S.Pd., M.Or., Ph.D
Penguji : 1. Dr. Slamet Riyadi, S.Pd., M.Or
2. Dr. Haris Nugroho, S.Pd., M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.