Penulis Utama : Gilang Fajar Bagus Saputra
NIM / NIP : O0120058
×

Gilang Fajar Bagus Saputra. O0120058. HUBUNGAN KOORDINASI MATA DAN KAKI, KESEIMBANGAN DAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN SHOOTING PADA PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMP N 1 SURAKARTA. Skripsi; Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2024.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Ulntulk melmbulktikan ada tidaknya hulbulngan koordinasi mata dan kaki dengan kelmampulan Shooting bola Pada Pelselrta didik ekstrakurikuler fultsal SMP N 1 Sulrakarta, (2) Ulntulk melmbulktikan ada tidaknya hulbulngan kelselimbangan telrhadap dengan kelmampulan Shooting bola Pada Pelselrta didik ekstrakurikuler fultsal SMP N 1 Sulrakarta, (3) Ulntulk melmbulktikan ada tidaknya hulbulngan Powelr otot tulngkai dengan kelmampulan Shooting bola Pada Pelselrta didik ekstrakurikuler fultsal SMP N 1 Sulrakarta, (4) Ulntulk melmbulktikan ada tidaknya hulbulngan koordinasi,kelselimbangan, dan Powelr Otot tulngkai delngan kelmampulan Shoting pada Peserta didik Ekstrakurikuler Futsal SMP N 1 Surakarta

Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan metode kuantitatif dengan model korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan olahraga SMP N 1 Surakarta. Teknik  pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dimana sampel ditentukan berdasarka kriteria tertentu. Jumalah sampel pada penelitian ini sebanyak 35 peserta didik ekstrakurikuler SMP N 1 Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis.

Hasil analisis menunjukan (1) Terdapat hubungan antara variabel  koordinasi mata dan kaki terhadap variabel kemampuan tendangan shooting dengan nilai koefisien regresi sebesar 22.789 dengan parameter positif. (2) Terdapat hubungan antara variabel keseimbangan terhadap variabel kemampuan tendangan shooting dengan nilai koefisien regresi sebesar - 1,673 dengan parameter negatif,  (3) Terdapat hubungan antara variabel power otot tungkai terhadap variabel kemampuan tendangan shooting dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,022 dengan parameter negatif.  (4) Terdapat hubungan secara simultan atau bersama-sama (koordinasi mata dan kaki, power otot tungkai, kesimbangan, dan power otot tungkai) terhadap kemampuan tendangan shooting sebesar 27,8%. Dapat diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig.) dalam uji F sebesar 0,016 > 0,05, disimpulkan bahwa variabel power otot tungkai, variabel kekuatan otot perut, dan variabel koordinasi mata dan kaki secara simultan berpengaruh terhadap variabel kemampuan tendangan shooting berdasarkan angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,278 atau sama dengan 27,8%.

 Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat hubungan power otot tungkai, kesimbangan, serta koordinasi mata dan kaki terhadap kemampuan tendangan shooting pada Peserta didik Ekstrakurikuler Futsal SMP N 1 Surakarta secara simultan tidak berpengaruh secara signifikan.

×
Penulis Utama : Gilang Fajar Bagus Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0120058
Tahun : 2024
Judul : HUBUNGAN KOORDINASI MATA DAN KAKI, KESEIMBANGAN DAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN SHOOTING PADA PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMP N 1 SURAKARTA
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Koordinasi mata dan kaki, Keseimbangan, Power otot tungkai, Shooting
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Waluyo, M.Or.
2. Dr. Fadilah Umar, S.Pd., M.Or.
Penguji : 1. Dr. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or.
2. Mansuralhudlori, S.Pd., M.Or.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.