Penulis Utama : Mawar Ruselia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh kepuasaan kerja terhadap organizational citizenship behavior karyawan bagian produksi PT. Sari Warna Asli
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F020000-2004
Subyek : MANAJEMEN PERSONALIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian yang berjudul pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior karyawan bagian produksi PT. Sari Warna Asli ini bertujuan untuk menguji apakah variabel upah, pekerjaan itu sendiri, pengawasan, promosi, dan rekan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap OCB dan untuk mengetahui variabel apakah yang paling berpengaruh terhadap OCB karyawan bagian produksi PT. Sari Warna Asli.

Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode proportionate stratified random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dimana subkelompok ( strata ) yang spesifik akan memiliki jumlah sampel sebagai sub-analisis dari anggota sub kelompok tersebut dengan penentuan jumlah sampel yang diambil adalah per bidang pekerjaan. Sampel yang diambil sebanyak 101 orang.

Dari analisis yang dilakukan dapat diketahui persamaan regresi linear sederhana sebagai berikut : Y = 10.534 + 0.853X dengan nilai uji t dari variabel kepuasan kerja (X) = 12.725. Dari perhitungan diatas diketahui bahwa variable kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap OCB karyawan bagian produksi karena nilai t hitung > dari t tabel (1,96). Dari analisis yang dilakukan dapat diketahui persamaan regresi linier berganda sebagai berikut : Y = 8,292 + 1,548X1 + 0,567X2 + 0,744X3 + 1,226X4 + 0,675X5 dengan nilai uji t dari variabel upah (X1) = 4,461; pekerjaan itu sendiri (X2) = 2,212 ; pengawasan (X3) = 3,110 ; promosi (X4) = 2,560 ; rekan kerja (X5) =2,339. Dari perhitungan diatas diketahui bahwa variable upah, pekerjaan itu sendiri, pengawasan, promosi dan rekan kerja mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap OCB karyawan bagian produksi karena nilai t hitung > dari t tabel (1,96). Dan dari nilai t hitung tersebut variabel upah mempunyai nilai yang paling besar hal ini menunjukkan bahwa upah mempunyai pengaruh dominan diantara variabel – variabel independen yang lain. Dari nilai uji F menunjukkan bahwa variable upah, pekerjaan itu sendiri, pengawasan, promosi dan rekan kerja secara bersama – sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap OCB. Karena F hitung > F tabel (2,29). Dan dari perhitungan R2 diketahui bahwa R2 ( Adjusted R Squared ) sebesar 0,621 ini berarti bahwa besarnya sumbangan / kontribusi perubahan pada OCB karyawan yang betul – betul disebabkan oleh perubahan variable upah, pekerjaan itu sendiri, pengawasan, promosi dan rekan kerja adalah sebesar 62,1 % dan sisanya 37,9% adalah disebabkan oleh variabel lain diluar model.

Kesimpulan yang dapat diambil dari analisis menyatakan bahwa semua hipotesis yang menyatakan variable upah, pekerjaan itu sendiri, pengawasan, dan rekan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap OCB karyawan terbukti kebenarannya.

Pada bagian akhir penulisan ini, penulis memberikan saran antara lain agar pihak perusahaan harus memperhatikan variabel upah sebagai prioritas utama yang meliputi pemberian bonus, tunjangan, dan kesempatan promosi yang teratur.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis