Penulis Utama : Sri Haryanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F.1203162
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap evaluasi pembelian ikan asin produksi perusahaan Mino Arto di Cilacap (th.2005)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1203162-2005
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Berdirinya suatu perusahaan pada dasarnya mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya guna mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi akan banyak memberikan tantangan bagi para pengusaha dan akan memicu persaingan yang ketat dengan setiap pengusaha untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam usaha memaksimalkan laba dengan cara meningkatkan nilai penjualan. Ikan sebagai potensi sumber daya alam di daerah Cilacap dapat digunakan sebagai komoditas daerah. Hal ini terlihat dari semakin maraknya perdagangan komoditas ikan segar ataupun ikan awetan. Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah faktor apakah yang mempunyai pengaruh paling signifikan terhadap evaluasi keputusan pembelian dii Perusahaan Ikan Asin Mino Arto Cilacap. Sehubungan dengan permasalahan tersebut diajukan hipotesis sebagai berikut faktor produk, harga, lokasi dan promosi secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap evaluasi keputusan pembelian di Perusahaan Ikan Asin Mino Arto Cilacap. Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesis penelitian,maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode desain kasus

Berdasarkan permasalahan tersebut diatas maka peneliti mengambil judul “PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP EVALUASI KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN ASIN PRODUKSI PERUSAHAAN MINO ARTO DI CILACAP”.Penelitian ini mengunakan teknik pengambilan data dengan metode quesioner, observasi, wawancara dan studi pustaka. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji F, uji t,dan uji determinasi.

Hasil analisis menunjukan bahwa nilai koefisien product moment pearson setiap variabel evaluasi pembelian adalah lebih kecil dibandingkan probabilitas 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap item pertanyaan adalah valid. Dari hasil analisis reliabilitas menunjukan bahwa nilai reliabilitas dari produk (0.6629) nilai reliabilitas dari harga (0.6419), nilai reliabilitas dari lokasi (0.6667), nilai reliabilitas dari promosi (0.7508). Nilai dari setiap item instrumen lebih besar dari nilai probabilitas 0,5 sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen penelitian reliabel (handal). Dari hasil gambaran konsumen didapat hasil bahwa 81% yang berbelanja di perusahaan tersebut adalah wanita, 33% mempunyai pekerjaan wiraswasta dan 34 % berusia 30-36 tahun.

Dari analisis regresi linier berganda didapat persamaan sebagai berikut

:Y = -1.669 + 0.185 X1 + 0.487 X2 + 0.242 X3 + 0.209 X4 , dengan demikian didapat F hitung 33.122 dengan tingkat signifikansi (probabilitas) 0.000. Oleh karena probabilitas (0.000) jauh lebih kecil dari pada 0.05 artinya bahwa variabel produk, harga, promosi dan lokasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Ddapat t hitung produk 2.494 dengan probabilitas 0.014, t hitung harga 7.033 dengan probabilitas 0.000, t hitung lokasi 3.194 dengan probabilitas 0.002 dan t hitung promosi 3.010 dengan probabilitas 0.003.

Faktor produk, harga, lokasi dan promosi secara parsial mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan pengaruh yang paling besar adalah faktor harga. Besarnya R square adalah 0.582 dan koefisien determinasi yang disesuaikan (adjusted R square) adalah sebesar 0.565 hal ini berarti 56.5% evaluasi keputusan pembelian benar-benar dijelaskan oleh faktor-faktor produk, lokasi, promosi, dan harga. Sedangkan sisanya 43.5% dipengaruhi variabel lain diluar variabel evaluasi keputusan pembelian yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Dari hasil-hasil analisis diatas disimpulkan bahwa faktor keputusan pembelian yang paling dominan adalah harga. Faktor produk, harga, lokasi dan promosi secara bersama-sama dan secara parsial mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan temuan-temuan diatas maka diajukan saran bahwa perusahaan harus meningkatkan potensi melalui indikator-indikator keputusan pembelian.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
SKRIPSI.doc
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Joko Suyono, SE. Msi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis