Penulis Utama : Duwi Winarni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh kepribadian proaktif terhadap kesuksesan karir dengan faktor demografi, human capital sebagai variabel control (studi pada Dosen Fakultas Ekonomi Sebelas Maret)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0201047-2005
Subyek : MANAJEMEN PERSONALIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kepribadian proaktif terhadap kesuksesan karir subyektif dan kesuksesan karir obyektif. Sehubungan dengan masalah tersebut, maka diajukan hipotesis sebagai berikut : pertama, kepribadian proaktif berpengaruh secara positif terhadap kesuksesan karir subyektif pada dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret; kedua, kepribadian proaktif berpengaruh secara positif terhadap kesuksesan karir obyektif pada dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, yakni dengan membagi populasi kedalam sub-sub populasi yang lain, sehingga setiap sub populasi dapat terwakili secara proporsional sebagai sampel penelitian.

Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, 65 kuesioner yang disebar sebanyak 60 yang kembali dan yang dapat digunakan untuk analisis lebih lanjut sebanyak 58 kuesioner,.

Teknik pengujian yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan Hierarchical Regression dengan bantuan Program SPSS 11.00 for Windows..Uji validitas menggunakan teknik Analisis Faktor. Untuk uji reliabilitas digunakan Cronbach’s Alpha.

Dalam melakukan analisis regresi hierarkis, dilakukan 2 kali pengujian, yaitu menggunakan penilaian kepribadian proaktif oleh responden sendiri dan significant other, untuk mengurangi single-source method bias. Hasil regresi hierarkhis dengan menggunakan penilaian kepribadian proaktif oleh responden sendiri maupun penilaian oleh significant other tidak menunjukkan perbedaan yang besar, hal ini menunjukkan pengaruh yang diteliti tidak semata-mata disebabkan oleh sumber data yang sama. Dengan kata lain, penilaian responden sendiri maupun significant other tidak jauh berbeda. Sehingga peneliti berpendapat bahwa hasil pengujian yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada penilaian oleh responden sendiri, karena penelitian ini pada dasarnya meneliti kepribadian dosen.

Dari beberapa variabel kontrol yang diuji ditemukan bahwa faktor human capital yaitu pendidikan dan faktor demografi yaitu status perkawinan berpengaruh terhadap kesuksesan karir subyektif, sedangkan faktor motivasi yaitu jam kerja per minggu berpengaruh pada kesuksesan karir obyektif.

 

 

Hasil analisis menunjukkan : (1) kepribadian proakif terbukti mampu mempengaruhi secara positif terhadap kesuksesan karir subyektif dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Terlihat dari hasil pengujian setelah mengendalikan variable kontrol diperoleh nilai t sebesar 4,547 (sig. 0,000). Koefisien determinan (R2) 0,513 (Sig. F change 0,000); (2) kepribadian proakif terbukti mampu mempengaruhi secara positif terhadap kesuksesan karir obyektif dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Terlihat dari hasil pengujian setelah mengendalikan variable kontrol diperoleh nilai t sebesar 3,864 (sig. 0,001). Koefisien determinan (R2) 0,447 (Sig. F change 0,000).

Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa kepribadian proaktif berpengaruh terhadap kesuksesan karir. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran untuk pihak manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret yaitu agar lebih memberikan dukungan dan motivasi kepada dosen untuk lebih aktif dalam menjalankan peran dan tugasnya, serta mengupayakan peningkatan keharmonisan hubungan interpersonal sehingga dapat terjalin suatu system kerja yang harmonis dan dinamis. Selain itu diharapkan dari diri dosen pribadi untuk lebih memiliki dan mengembangkan perilaku proaktif dalam menjalankan tugas dan perannya sebagai dosen demi peningkatan karir mereka.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
SKIPSI dan LAMPIRAN.doc
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra.SoemarjatiTjokroamidjojo,MM
Catatan Umum : 2383/2005
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis