Penulis Utama : Sri Hastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis tingkat kesehatan bank berdasarkan faktor camel pada PD. BPR BKK Giriwoyo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3302187-2005
Subyek : BANK DAN PERBANKAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penilaian tingkat kesehatan bank pada prinsipnya merupakan kepentingan semua pihak yang terkait, baik pemilik dan pengelola bank, masyarakat pengguna jasa bank dan Bank Indonesia selaku pembina dan pengawas bank. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan BPR Giriwoyo dengan cara melakukan analisis terhadap laporan bulanan BPR berupa neraca dan laba rugi, daftar tingkat kolektibilitas kredit serta daftar pertanyaan manajemen. Metode yang digunakan untuk menganalisis adalah faktor camel, yaitu sistem penilaian kualitatif dan kuantitatif yang menitikberatkan pada lima aspek penilaian: permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, rentabilitas dan likuiditas.

Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat diketahui bahwa rasio CAR tahun 2003 dan 2004 berpredikat sehat. Rasio KAP menurut AP Diklasifikasikan terhadap AP untuk tahun 2003 dan 2004 berpredikat sehat, sedangkan rasio PPAP terhadap PPAPWD untuk tahun 2003 dan 2004 juga berpredikat sehat. Rasio manajemen yang terdiri dari manajemen umum dan manajemen risiko tahun 2003 dan 2004 sama, yaitu manajemen umum berpredikat sehat, sedangkan manajemen risiko berpredikat cukup sehat. Rasio rentabilitas menurut ROA tahun 2003 dan 2004 dalam kategori sehat, sedangkan rasio BOPO tahun 2003 dan 2004 juga dalam kategori sehat. Rasio likuiditas menurut cash ratio tahun 2003 dan 2004 berpredikat sehat, sedangkan rasio LDR tahun 2003 dan 2004 juga berpredikat sehat.

Secara keseluruhan penilaian tingkat kesehatan bank terhadap BPR Giriwoyo memperoleh predikat sehat. Akan tetapi pihak manajemen BPR perlu mengadakan perbaikan terhadap pos-pos dalam laporan keuangannya dan meningkatkan pengelolaan terhadap bank untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat kesehatan tersebut. Cara yang dapat dilakukan yaitu: meningkatkan jumlah modal dan AP Diklasifikasikan, pembentukan PPAP yang cukup, meningkatkan pendapatan lain diluar pendapatan bunga, dan meningkatkan alat likuid bank.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sri Suranto, SE, MSi, Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis