Penulis Utama : Widiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis Hubungan Motivasi Kerja Dengan Prestasi Kerja Pada PD. BPR Bank Pasar Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi : 83 hal.:
Sumber : UNS-Fakultas Ekonomi NIM.F0298128
Subyek : PERSONALIA, MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Peningkatan kualitas sumber daya manusia secara umum dimaksudkan untuk meningkatkan taraf kehidupan dengan segala aspek-aspeknya. Hal tersebut berkaitan erat dengan tingkat kemampuan serta prestasi kerja maupun bentuk-bentuk kegiatan lain yang bertujuan untuk mencapai hasil yang maksimal/ optimal, disertai dengan segala usaha peningkatan prestasi kerja itu sendiri. Salah satu pengertian prestasi kerja adalah hasil kerja seorang karyawan selama periode tertentu dibandingkan dengan berbagai kemungkinan, misalnya target atau yang telah disepakati bersama.

Masalah prestasi kerja merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, mengingat hal tersebut menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pengembangan suatu kegiatan usaha terutama kegiatan usaha jasa seperti Bank. Keterlibatan tenaga kerja, juga merupakan suatu aspek prestasi kerja yang dapat dikendalikan untuk meningkatkan kegiatan usaha maupun peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah menguji apakah faktor motivasi fisik / eksistensi, faktor social / keterkaitan dan faktor aktualisasi diri / pertumbuhan mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan prestasi kerja karyawan. Hipotesis yang diajukan yaitu diduga faktor motivasi fisik / eksistensi, faktor social / keterkaitan dan faktor aktualisasi diri / pertumbuhan mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan prestasi kerja karyawan dan diduga faktor motivasi fisik / eksistensi mempunyai hubungan yang lebih kuat dengan prestasi kerja karyawan.

Peneliti mengambil seluruh populasi karyawan PD. BPR BANK PASAR KARANGANYAR sebagai sampel, atau dengan kata lain pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode sensus. Hal itu diambil karena jumlah karyawan yang kurang dari 100 orang serta peneliti merasa baik dari segi waktu, tenaga dan dana dapat melakukannya, serta ruang lingkupnya tidak terlalu luas.

Hipotesis pertama terbukti bahwa faktor motivasi fisik / eksistensi berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi kerja karyawan yaitu sebesar 0,693 (critical value = 7,629). Hipotesis kedua terbukti bahwa faktor social / keterkaitan berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi kerja karyawan yaitu sebesar 0, 541 (critical value = 5,106). Hipotesis ketiga terbukti bahwa faktor aktualisasi diri / pertumbuhan berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi kerja karyawan yaitu sebesar 0, 572 (critical value = 5,534). Hipotesis keempat terbukti bahwa nilai koefisien korelasi jenjang Spearman dan nilai critical value faktor fisik / eksistensi dengan prestasi kerja lebih dominan dari faktor yang lain.

Berdasarkan temuan-temuan dalam penelitian maka disarankan kepada PD. BPR BANK PASAR KARANGANYAR bahwa dalam pemberian upah hendaknya selalu memperhatikan tingkat kebutuhan karyawan, menciptakan kondisi lingkungan kerja yang nyaman dan supaya dapat bekerja lebih giat dan tidak membosankan dan menciptakan suasana yang harmonis antara pimpinan dengan karyawan dan karyawan dengan karyawan sehingga mereka para karyawan dapat bekerja dengan tenang serta pemberian penghargaan-penghargaan yang berupa promosi, kenaikan jabatan dan juga penambahan bonus sehingga dapat memberikan kebanggaan pada dirinya dan perlu juga peran pimpinan dalam memberikan dorongan secara moral sehingga menambah kepercayaan dalam diri karyawan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis