Penulis Utama : Putut Nur Rahman Ramadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Evaluasi kinerja keuangan pada PT Trijaya Plastik Utama periode 2000 sampai dengan 2003
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi : xi, 54 hal.:lamp.,tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3302092-2005
Subyek : ANALISA LAPORAN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT Trijaya Plastik Utama merupakan salah satu perusahaan plastik yang berada di Indonesia. Perusahaan ini merintis usahanya tanggal 24 Agusuts 1967 dan baru secara resmi berdiri sekitar tahun 1970. Adapun produk yang dihasilkan, diantaranya plastik pembungkus gula, stopmap, tas kantong plastik dan mantel atau jas hujan.

Selama empat periode yaitu tahun 2000 sampai dengan tahun 2003 PT Trijaya Plastik Utama menghasilkan laba yang setiap tahunnya mengalami perubahan. Dengan alasan tersebut penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Apakah terjadi perkembangan kinerja  keuangan tahun 2000 sampai dengan tahun 2003? Dengan rumusan masalah tersebut penulis ingin mengetahui perubahan laba selama empat periode menunjukkan perkembangan kinerja keuangan yang baik bagi perusahan atau sebaliknya.

Sejalan dengan perumusan masalah tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan menghitung rasio-rasio keuangan. Langkah berikutnya rasio PT Trijaya Plastik Utama dibandingkan dengan rata-rata industri. Di sini akan diketahui kinerja keuangan PT Trijaya Plastik Utama setelah dibandingkan dengan rata-rata industri.

            Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa likuiditas (current ratio dan quick ratio) PT Trijaya Plastik Utama menunjukkan kinerja yang baik dibanding dengan rata-rata industri, solvabilitas (debt to equity dan total debt to total capital asset) PT Trijaya Plastik Utama menunjukkan kinerja yang kurang baik dibandingkan dengan rata-rata industri, rentabilitas (operating profit margin dan net proifit margin) dan ratio aktivitas (inventory turnover dan total asset turnover) menunjukkan kinerja yang baik dibanding rata-rata industri.

            Berdasarkan uraian di atas maka diajukan saran yaitu menaikan atau menambah total aktiva dengan menambah quick asset yaitu kas dan menaikan modal sendiri sehingga perusahaan mampu membayar utang-utangnya dengan modal sendiri atau dengan total aktiva. Karena total aktiva meningkat tetapi penjualan tetap menyebabkan penurunan total asset turnover, untuk mencegah hal tersebut perusahaan harus meningkatkan penjualan. Terakhir penulis menyarankan untuk meningkatkan quick ratio karena walaupun quick ratio berada diatas rata-rata industri tetapi dilihat dari persentase rasionya menunjukkan perusahaan belum dapat utang lancar dengan quick asset. Paling tidak sampai dengan 100% atau 1:1 berarti perusahaan mampu membayar utang lancarnya dengan quik asset.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Yacob Suparno, Msi, Akt
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis