Penulis Utama : Dina Ayu Artasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Ethical judgment dalam perspektif gender dan tahapan karir (studi terhadap manajer dan karyawan perusahaan manufatur di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi UNS - 2005
Kolasi : xv, 113 hal.:ilus.,lamp,.tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0201046
Subyek : MANAJEMEN PERSONALIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Semakin banyaknya fenomena bisnis yang tidak fair (etis) yang ditemukan dimana-mana menyebabkan penelitian yang bertemakan etika sangat penting untuk dilakukan. Beberapa peneliti tentang etika berfokus pada gender dan tahapan karir berdasarkan usia karena keduanya dimungkinkan memiliki pengaruh terhadap ethical judgment. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh gender dan tahapan karir terhadap ethical judgment diantara manajer dan karyawan perusahaan manufaktur di Surakarta berdasarkan replikasi jurnal yang dikemukakan oleh Weeks et al. (1999). Sehubungan dengan tujuan tersebut, maka dikemukakan empat hipotesis bahwa: a) ada perbedaan dalam ethical judgment diantara pria dan wanita; b) ada perbedaan dalam ethical judgment berdasarkan tahapan karir; c) gender akan memoderasi pengaruh tahapan karir terhadap ethical judgment; d) tahapan karir akan memoderasi pengaruh gender terhadap ethical judgment. 

Manajer dan karyawan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 219 orang yang berasal dari 9 perusahaan manufaktur di Surakarta. Survey dilakukan untuk mengumpulkan data primer dengan cara menyebar kuesioner bersifat tertutup yang kemudian diisi oleh para responden, sedangkan data sekunder diperoleh dengan metode wawancara dan metode literatur/dokumen. Data primer tersebut kemudian diolah dengan bantuan software SPSS for windows menggunakan uji validitas, reliabilitas, T-test, o ne-way ANOVA, dan two-way ANOVA.

Hasil uji T menunjukkan bahwa pengaruh gender paling kuat hanya terdapat pada kasus kedua untuk konstruk deontologi (p-value 0,059) dan utilitarianism (p-value 0,093) serta kasus ketujuh konstruk relativism (p-value 0,097) dengan signifikansi 10% sehingga mendukung Teori Pendekatan Sosialisasi Gender (Gender Socialization Approach) yang dikemukakan oleh Freud dan Gilligan. Berdasarkan nilai mean, pria menunjukkan nilai yang lebih tinggi daripada wanita yang berarti pria menunjukkan perilaku yang lebih etis. Karena tingkat signifikansinya hanya 10%, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan ethical judgment diantara pria dan wanita yang mendukung kuat Teori Pendekatan Struktural (Structural Approach) yang dikemukakan oleh Betz dalam Ameen et al. (1996). Uji one-way ANOVA menunjukkan bahwa tahapan karir mempunyai pengaruh paling kuat terhadap ethical judgment  pada konstruk justice dan relativism yang masing-masing memiliki tiga signifikan pada tingkat 1% dan 5%  serta satu signifikan pada 10%. Sedangkan pada konstruk egoism dan deontologi masing-masing memiliki satu signifikan pada 10%. Mereka yang berada pada tahap maintenance memiliki ethical judgment yang lebih tinggi, kemudian diikuti tahap exploration dan tahap establishment.  Hasil pengujian dengan two-way ANOVA menunjukkan bahwa gender tidak memodarasi pengaruh tahapan karir terhadap ethical judgment. Begitu pula tahapan karir tidak memoderasi hubungan antara gender terhadap ethical judgment sehingga dapat dikatakan bahwa baik pria maupun wanita pada tahapan karir manapun memiliki ethical judgment yang sama.

Dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan baik pria maupun wanita pada tahapan karir manapun memiliki ethical judgment yang sama dan cenderung mengarah pada tindakan yang kurang etis, maka kode etik dan profesionalitas dalam berbisnis sangat penting untuk diterapkan dalam perusahaan. Hal lain yang penting untuk diterapkan adalah pemberlakuan sistem ekonomi dan penegakan hukum secara tegas dan netral untuk mengantisipasi pengaruh lingkungan yang memberikan peluang terjadinya bisnis yang mengabaikan etika.  

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Salamah Wahyuni, SU
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis