Penulis Utama : Dwi Purwanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis hubungan antara kepuasan kerja dan prestasi kerja karyawan non medis RSI Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : xiv, 89 hal.: lamp., tab.; 4 inci
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM F. 1203121
Subyek : MANAJEMEN PEGAWAI-EVALUASI PEGAWAI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sumber Daya Manusia merupakan sumber daya yang sangat penting untuk diperhatikan guna terciptanya perusahaan yang maju. Sumber Daya Manusia (SDM) semakin diakui sebagai sumber daya organisasi vital dan sentral dimasa datang. Sumber daya manusia selalu melekat pada setiap sumber daya organisasi apapun, sebagai faktor penentu keberadaan dan peranannya dalam memberikan kontribusi kearah pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara faktor kepuasan kerja dan prestasi kerja Karyawan Non Medis Rumah Sakit Islam Surakarta.(2) Untuk mengetahui manakah diantara faktor pengakuan, faktor tanggung jawab, faktor kemajuan karier, faktor daya tarik pekerjaan, faktor kemungkinan berkembang yang mempunyai hubungan signifikan paling kuat dengan prestasi kerja Karyawan Non Medis Rumah Sakit Islam Surakarta. Hipotesis dari penelitian ini adalah : (1) Diduga ada hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja dengan prestasi kerja Karyawan Non  Medis di Rumah Sakit Islam Surakarta. (2) Diduga diantara faktor pengakuan, faktor kemajuan karier, faktor tanggung jawab, faktor daya tarik pekerjaan, faktor kemungkinan berkembang, faktor yang mempunyai tingkat signifikan yang paling tinggi adalah faktor daya tarik pekerjaan.

            Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Non Medis Rumah Sakit Islam Surakarta yang berjumlah 158 karyawan, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode Propotional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden. Skala Likert dengan rentang pilihan sebanyak empat pilihan digunakan sebagai pengukuran instrumen kuesioner. Data yang telah terkumpul diuji konsistensi dan kecermatan alat ukurnya melalui uji validitas dengan menggunakan pearson product-moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan uji alpha Cronbach. Dari hasil pengolahan data semua instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitan ini valid dan reliabel. Gambaran responden terpapar dalam deskrepsi responden berdasarkan jenis kelamin, umur, lama bekerja dan pendidikan terakhir.

Untuk pembuktian hipotesis yang diajukan digunakan metode analisis korelasi Rank Spearman digunakan untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara variabel kepuasan kerja dengan variabel prestasi kerja. Untuk uji validitasnya Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa r hitung lebih besar dari r tabel. Untuk perhitungan reliabilitas dari kepuasan kerja diperoleh hasil 0,8680 sehingga menjadi reliabel. Dan hasil reliabilitas dari prestasi kerja adalah 0,7654 sehingga menjadi reliabel, karena r hitung lebih besar dari r tabel.

            Kesimpulan yang diambil adalah bahwa Pengakuan (rX1Y) = 0,542 mempunyai hubungan korelasi cukup tinggi dengan prestasi kerja karyawan non medis Rumah Sakit Islam Surakarta, Tanggungjawab (r X2Y) = 0,634 mempunyai hubungan korelasi tinggi dengan prestasi kerja karyawan non medis Rumah Sakit Islam Surakarta, Kemajuan Karier (r X3Y) = 0,523 mempunyai hubungan korelasi cukup tinggi dengan prestasi kerja karyawan non medis Rumah Sakit Islam Surakarta, Daya Tarik Pekerjaan (rX4Y) = 0,718 mempunyai hubungan korelasi tinggi dengan prestasi kerja karyawan non medis Rumah Sakit Islam Surakarta, Kemungkinan Berkembang (rX5Y) = 0,636 mempunyai hubungan korelasi tinggi dengan prestasi kerja karyawan non medis Rumah Sakit Islam Surakarta.

            . Dari faktor kepuasan kerja yang mempunyai hubungan paling erat adalah faktor daya tarik pekerjaan. Saran yang diberikan adalah bahwa semua faktor saling berkaitan  yang mana faktor daya tarik pekerjaan lebih besar/kuat hubunganya namun masih perlu ditingkatkan lagi karena akan berpengaruh pada faktor yang lain seperti pada faktor tanggungjawab, kemajuan kareir, kemungkinan berkembang juga pengakuan hal ini penting karena untuk kemajuan rumah sakit juga. Apabila karyawan terpuaskan maka dia juga akan berprestasi karena mereka bersungguh – sungguh dalam menjalankan tugas yang diberikan kepadanya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoseno Ranupandoyo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis