Penulis Utama : Rikhayati Ratih Widati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh penambahan minyak atsiri kemangi (ocimum basilicum L.) terhadapkualitas fillet ikan nila (oreochromis niloticus) selama penyimpanan suhu dingin
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2005
Kolasi : xv, 66 hal.: ilus., lamp., tab.; 4 inc
Sumber : UNS-Fak. MIPA NIM. M0400044
Subyek : IKAN-PENGAWETAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh penambahan minyak atsiri kemangi (Ocimum basilicum L.) terhadap kualitas fillet ikan nila (Oreochromis niloticus) selama penyimpanan pada suhu dingin, ditinjau dari segi sifat fisik, kimiawi dan mikrobiologis.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari dua faktor : (1) konsentrasi minyak atsiri kemangi, terdiri dari empat perlakuan, yaitu tanpa penambahan minyak atsiri kemangi, penambahan 0,025%, 0,05% dan 0,075% minyak atsiri kemangi (2) waktu penyimpanan selama 6 hari, pengamatan dilakukan pada hari ke-0, ke-3 dan ke-6. Parameter pengamatan meliputi kesegaran secara fisik, Total Volatil Base (TVB), pH, kadar air, Total Plate Count (TPC) dan uji organoleptik. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis sidik ragam (uji F) untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap semua variabel pengamatan. Untuk mengetahui beda rata-rata pengaruh perlakuan dilakukan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa berdasarkan pengujian secara fisik fillet ikan nila kontrol mulai tidak segar pada hari ke-3, dan fillet dengan penambahan minyak atsiri kemangi 0,025%, 0,05%, 0,075% dinyatakan tidak segar pada hari ke-6. Berdasarkan pengujian TVB, pada hari ke-6 fillet kontrol dan fillet dengan penambahan minyak atsiri kemangi 0,075% dinyatakan tidak segar, sedang fillet dengan penambahan minyak atsiri kemangi 0,025% dan 0,05% dinyatakan masih segar. Laju peningkatan kadar air paling besar terdapat pada fillet kontrol. Berdasarkan pengujian secara mikrobiologis, penambahan minyak atsiri kemangi mampu mengurangi jumlah bakteri, pada hari ke-3 fillet ikan nila dinyatakan masih segar.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA