Penulis Utama : Sigit Trimulato
NIM / NIP : K4304045
×

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan diskusi siswa dalam pembelajaran Biologi dengan penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) disertai modul pada siswa kelas XA MAN Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2008/2009.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang  terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, angket, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X-A semester ganjil MAN Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2008/2009. Objek penelitian adalah keaktifan berdiskusi siswa dalam mata pelajaran biologi pada pokok bahasan Protista. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data dari hasil penelitian di lapangan diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif mengacu pada model interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus keaktifan diskusi siswa masih rendah, pada penerapan metode pembelajaran NHT siklus I terjadi peningkatan keaktifan diskusi siswa, namun peningkatannya belum optimal. Peningkatan keaktifan diskusi siswa dapat mencapai optimal pada siklus II.. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan pembelajaran Numbered Heads Together(NHT) dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Numbered Heads Together(NHT) dapat meningkatkan keaktifan diskusi siswa dalam pembelajaran Biologi.

×
Penulis Utama : Sigit Trimulato
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4304045
Tahun : 2010
Judul : UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BERDISKUSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2010
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K.4304045-2010
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hj. Sri Dwiastuti, M.Si
2. Dra. Hj. Alvi Rosyidi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : 1898/2010
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.