Penulis Utama : Hunik Dwi Nugraheny
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Evaluasi prosedur pelaksanaan penyitaan dalam uapaya penagihan tunggakan pajak di KPP Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi : xi, 55 hal.:ilus.,lamp.,tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3402037
Subyek : PAJAK DAN PERPAJAKAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pelaksanaan sita merupakan salah satu tindakan penagihan aktif yang dilakukan Direktorat Jenderal Pajak guna pencairan tunggakan pajak. Penelitian ini untuk mengevaluasi prosedur pelaksanaan sita dalam upaya penagihan di Kantor Pelayanan Pajak Surakarta tahun 2004 dan kendala yang dihadapi oleh Kantor Pelayanan Pajak Surakarta beserta langkah-langkah antisipasinya.

Hasil penelitian menujukkan bahwa pelaksanaan sita tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh Ditjen Pajak karena masih banyak kelemahan di dalam melaksanakan prosedur penyitaan serta penelitian ini menunjukkan belum tercapainya target pelaksanaan penyitaan pada triwulan I (satu) dan pada triwulan II (dua) pada tahun 2004. Sedangkan kendala yang dihadapi pihak KPP Surakarta dalam melaksanakan sita ada dua macam, yaitu kendala ekstern dan intern. Kendala ekstern berasal dari luar KPP Surakarta sedangkan kendala intern berasal dari pihak KPP Surakarta sendiri. Langkah-langkah antisipasi yang dilakukan pihak KPP Surakarta antara lain dengan tertib administrasi, mengadakan pendekatan persuasif kepada Wajib Pajak, serta melakukan kerjasama dengan instansi lain diluar KPP Surakarta.

Evaluasi prosedur pelaksanaan sita yang dilakukan, ditemukan bahwa pihak KPP Surakarta terutama Seksi Penagihan telah berupaya semaksimal mungkin dalam pelaksanaan sita dan mengadakan kerjasama dengan instansi lain diluar KPP.Tetapi, penulis melihat adanya kekurangan yang saat ini masih ada, yaitu SPMP belum bisa diterbitkan tepat waktu, instansi-instansi seperti Bank dan Kepolisian belum diberdayakan secara maksimal, kurangnya tenaga pada seksi penagihan sehingga mempengaruhi kegiatan penagihan. Saran yang dapat penulis berikan yaitu kerjasama dengan seksi terkait oleh Seksi Penagihan agar lebih diintensifkan serta mengoptimalkan kerjasama dengan pihak Kepolisian dan Bank, menambah jumlah petugas pada seksi penagihan.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra Falikhatun. M,Si.Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis