Penulis Utama : Herny Setyowulan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Peranan kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat di desa Palur kecamatan Mojolaban kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2005
Kolasi : xii, 57 hal.: lamp., tab.; 4 inc
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM. E0001153
Subyek : KEPALA DESA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Kepala Desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat di desa Palur Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan apabila dilihat dari tujuannya termasuk penelitian hukum empiris atau non doktrinal. Lokasi penelitian Pemerintah Desa Palur. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu wawancara dan studi kepustakaan baik berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan dan sebagainya. Analisis data menggunakan analisi data kualitatif.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa peranan Kepala Desa dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa Palur pada prinsipnya merupakan keterlibatan Kepala Desa Palur dalam melakukan penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan tugas dan kewajibannya yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Peranan tersebut pada pokoknya menyangkut dua hal yaitu dalam hal urusan tugas pekerjaan di bidang pemerintahan yang terdiri dari empat hal yaitu sebagai Kepala Organisasi Pemerintahan Desa, sebagai pelaksana tugas sehari-hari, sebagai pemimpin masyarakat desa dan berperan dalam penyusunan Peraturan Desa yang.Dalam hal pembangunan Kepala Desa Palur mempunyai peranan sebagai penanggung jawab terhadap pembangunan yang bersifat fisik sedangkan dalam hal pembangunan yang bersifat non fisik Kepala Desa Palur berperan untuk membangun mental warganya yang dilakukan dengan usaha-usaha yang betujuan untuk membuat agar warganya memiliki mental yang baik sehingga mengakibatkan memiliki sikap dan tingkah laku yang baik. Sedangkan dalam hal pelayanan terhadap masyarakat Kepala Desa Palur bertindak sebagai fasilisator terhadap warganya artinya Kepala Desa Palur menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan warganya.

Dalam hal melaksanakan peranannya Kepala Desa Palur mengalami hambatan-hambatan yaitu tidak memadainya sarana dan prasarana untuk menunjang kinerja pemerintahan desa, banyak warga yang menyalahgunakan pinjaman yang semestinya diperuntukkan untuk warga yang pra sejahtera, tidak dilakukannya program-program yang dicanangkan oleh Kepala Desa Palur dan rendahnya SDM yang dimiliki oleh Pemerintah Desa Palur.

Adapun usaha untuk mengatasi hambatan yang timbul adalah dengan menciptakan suasana kerja yang kondusif sehingga sarana dan prasarana yang tidak memadai dapat diatasi, meningkatkan kerjasama dengan Ketua RW dan Ketua RT dan memberikan penyuluhan kepada warg

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Maria Madalina, S. H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum