Penulis Utama : Desinta Kurniasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis Pengaruh Faktor Demografis Dan Organisasional Terhadap Kepuasan Kerja (Studi pada karyawan UNS )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200041-2004
Subyek : MANAJEMEN PERSONALIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sumber daya manusia adalah aspek yang sangat penting dalam setiap organisasi atau perusahaan. Organisasi dituntut untuk memperhatikan aspek-aspek kritis yang dapat menjadi sumber kepuasan kerja karyawannya. Karyawan yang puas diharapkan dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi pencapaian tujuan organisasi.

 

            Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh faktor demografis dan organisasional terhadap kepuasan kerja karyawan UNS. Variabel independent dalam faktor demografis yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja adalah usia, jenis kelamin, status pernikahan dan lama bekerja. Sedangkan variabel independent dalam faktor organisasional adalah persepsi terhadap gaji, pangkat, suasana kerja, pengawasan, dan teman sekerja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut (1) Faktor demografis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan UNS. (2) Faktor organisasional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan UNS. (3)Terdapat perbedaan kepuasan kerja yang signifikan antara karyawan UNS yang bekerja di fakultas ilmu sosial dan di fakultas ilmu eksakta.

 

            Penelitian ini mengambil populasi seluruh karyawan yang berada di 9 fakultas di UNS. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling dengan terlebih dahulu mengelompokkan dua kelompok karyawan UNS yaitu karyawan yang berada di fakultas ilmu sosial dan karyawan yang berada di fakultas ilmu eksakta. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dan analisis of variance (ANOVA). Kriteria pengujian hipotesis menggunakan toleransi kesalahan ( ) sebesar 0.05

 

            Secara rata-rata kepuasan kerja karyawan UNS cukup tinggi yaitu sebesar 68,36. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa hasil penelitian mendukung pernyataan hipotesis (1) yaitu faktor demografis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan UNS, signifikan pada 0.000. Secara parsial variabel usia, jenis kelamin, dan status perkawinan mempunyai pengaruh yang signifikan pada kepuasan kerja (signifikan pada 0.029; 0.008; 0.000) dan hanya satu variabel demografis yang tidak mempunyai pengaruh signifikan pada kepuasan kerja yaitu variabel lama bekerja (tidak signifikan pada 0.095). (2) Faktor organisasional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan UNS, signifikan pada 0.000. Secara parsial seluruh faktor organisasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja (signifikan pada 0.000; 0.000; 0.015; 0.024; 0.000). (3) Rata-rata kepuasan kerja karyawan UNS di fakultas ilmu sosial dan berbeda nyata dengan di fakultas ilmu eksakta  signifikan pada 0.047

            Berdasarkan bukti-bukti di atas dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama faktor demografis dan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan UNS, Surakarta.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis