Penulis Utama : Retno Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh kinerja perusahaan terhadap perubahan harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ (pengujian pada perusahaan besar dan kecil dalam total asset)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1302121
Subyek : BURSA EFEK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris mengenai pengaruh kinerja keuangan suatu perusahaan yang dilihat dari rasio keuangan, terhadap perubahan harga saham, dengan memperhatikan ukuran perusahaan. Kinerja keuangan diukur dengan lima rasio keuangan yaitu earning per share, return o n equity, debt to equity ratio, price earning ratio, dan dividend per share. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa rasio-rasio keuangan, harga saham dan total asset perusahaan. Sampel perusahaan yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Jakarta untuk tahun 2000, 2001, dan 2002. Pengambilan sampel perusahaan dalam penelitian ini berdasarkan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 30 perusahaan.

Hasil analisis normalitas data menunjukkan bahwa data-data yang dipakai untuk penelitian ini adalah terdistribusi normal yang ditunjukkan dengan tingkat signifikan di atas 5%. Berdasarkan hasil pengujian asumsi klasik, variabel-variabel yang digunakan tidak terjadi adanya autokorelasi, multikolinieritas, dan heterokedastisitas. Hipotesis satu (H ) yang menguji pengaruh kinerja keuangan terhadap perubahan harga saham diuji dengan menggunakan regresi berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa hanya variabel earning per share, dan return o n equity saja yang berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham untuk tahun 2000, dan selanjutnya hanya variabel return o n equity, dan price equity ratio untuk tahun 2001, serta hanya variabel debt equity ratio, dan dividend per share untuk tahun 2002.

Hipotesis dua (H ) dalam penelitian ini untuk menguji perbedaan pengaruh kinerja keuangan terhadap perubahan harga saham antara perusahaan kecil dan besar, yang dilakukan dengan menggunakan pengujian Chow (chow test) dimana menguji kesamaan koefisien-koefisien model regresi dari sampel observasi yang berbeda. Berdasarkan hasil pengujian chow test diketahui nilai F hitung untuk tahun 2000, 2001, dan 2002 masing-masing adalah 0,204, 1,000, dan 0,305 yang ternyata masih jauh lebih kecil daripada F tabel. Sehingga dalam hipotesis ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh kinerja keuangan terhadap perubahan harga saham antara perusahaan kecil dan perusahaan besar untuk periode tahun 2000, 2001, dan 2002 secara signifikan, maka Ho diterima.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis