Penulis Utama : Rini Puspita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Tinjauan yuridis terhadap penjualan hasil hutan oleh Perum Perhutani KPH Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. HUKUM NIM. E0099163
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk, cara, dan konstruksi penjualan hasil hutan oleh Perum Perhutani KPH Surakarta, serta penerapan asas- asas hukum perjanjian dalam penjualan hasil hutan tersebut.

Latar Belakang Pemilihan Judul adalah bahwa selama ini cara penjualan hasil hutan yang digunakan oleh Perum Perhutani dinilai belum bisa dijangkau semua lapisan masyarakat khususnya pengusaha kecil, karena harga, jumlah, dan prosedur yang sulit terjangkau. Selain itu Perhutani masih mengandalkan perjanjian jual beli secara lisan, padahal Perhutani tidak menjual hasil hutan dalam jumlah yang sedikit, yang tentunya beresiko.

Jenis penelitian ini adalah empiris dan bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara dan studi kepustakaan. Data yang terkumpul dianalisa dengan analisis model interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa Penjualan langsung memang merupakan perjanjian jual beli secara lisan meskipun Perhutani merasa kurang tepat atas sebutan perjanjian jual beli karena hanya secara lisan. yang berdasarkan asas konsensualisme lahir pada saat pembeli membayar lunas setelah menerima surat ijin, melunasi sisa pembayaran , dengan ketentuan pembayaran secara tunai, penyerahan, loco gudang Perhutani, biaya pengiriman barang ditanggung pembeli. Untuk asas kebebasan berkontrak nampak pada bentuk perjanjian jual beli tetapi tidak banyak terlihat pada konstruksi jual belinya, tetapi setidaknya dalam jual beli hasil hutan telah memperhatikan kepatutan dan keadilan dalam hal penanggungan resiko barang musnah di luar kesalahan para pihak. Penelitian ini ini diharapkan akan dapat dijadikan dasar bagi Perhutani untuk mempertimbangkan perjanjian jual beli secara tertulis.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Pranoto, S. H, M. H
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum