Penulis Utama : Joko Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis efisiensi proses produksi kaos PT Mondrian Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3502522
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perencanaan dan pengawasan produksi sangat penting bagi sebuah perusahaan, mengingat semakin tingginya persaingan dalam dunia usaha pada saat ini khususnya konveksi, terlebih lagi dalam menghadapi era perdagangan bebas. Pada umumnya perusahaan-perusahaan konveksi dalam melakukan usahanya, dan untuk bersaing dengan perusahaan lain hanya berorientasi pada kualitas dan kuantitas produk tanpa memperhatikan keefektifan waktu dari proses produksi tersebut. Dalam penelitian ini diambil satu macam produk yang dalam proses produksinya dibutuhkan banyak tenaga kerja, yaitu pembuatan kaos. Dalam proses produksi fungsi perencanaan merupakan faktor yang menentukan dalam keberhasilan produksi.

Penyusunan Tugas Akhir ini yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana upaya perusahaan untuk mengurangi kesalahan penyablonan dan mengurangi kerusakan yang terjadi pada saat pemotongan kain, sehingga dapat meningkatkan efisiensi waktu dan mencapai hasil yang optimal.

Selama ini perusahaan dalam melakukan perencanaan masih menggunakan perkiraan, tanpa memikirkan penggunaan waktu yang efisien dalam melakukan proses produksi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penggunaan analisis network dengan PERT (Program Evaluation and Review Technique) yang nantinya agar hasil input perusahaan dalam perencanaan dan pengawasan produksi dapat berjalan baik. Sehingga kegiatan proses produksi kaos yang merupakan jalur kritis adalah kegiatan persiapan bahan baku (A), gelar kain (B), gambar pola depan (C), potongan sesuai pola (D), penentuan pola potongan kain (E), pemasangan merk (F), penjahitan (G), over deoge (I), border (J) dan paking dan finishing (K).

Maka dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa perusahaan diharapkan menggunakan analisis network dalam perencanaan dan pengawasan produksi sehingga hasil yang diperoleh lebih optimal.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Wiyono, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis