Penulis Utama : Fera Kumala Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Hubungan marketing mix terhadap karakteristik konsumen dalam pembelian produk di toko Simpako Caruban Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi - 2005
Kolasi : xiii, 59 hal.: ilus., lamp., tab.
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi NIM F3202099
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian Tugas Akhir ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara marketing mix yang ada di Toko SIMPAKO (meliputi; harga, kelangkapan produk, kualitas produk, lokasi, dan pelayanan) dengan karakteristik konsumen (meliputi; pendapatan, pekerjaan, pendidikan dan usia) yang mempengaruhi konsumen dalam memutuskan untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan. Adapun latar belakang penelitian ini didasarkan bahwa setiap konsumen memiliki penilaian yang berbeda tentang faktor yang paling mempengaruhinya dalam memutuskan melakukan pembelian, sehingga dari hasil penelitian ini diharapkan bisa diketahui faktor apa (harga, kelengkapan produk, kualitas produk, lokasi dan pelayanan) yang paling mempengaruhi terciptanya pembelian.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian survey, dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang diambil dari konsumen dari Toko SIMPAKO yang kebetulan sedang berbelanja di sana pada saat penelitian ini dilakukan. Adapun alat yang digunakan di sini adalah chi-square test dengan bantuan komputer program SPSS.

Dari data pada peneilitian ini diperoleh kesimpulan bahwa karakteristik konsumen yang terbukti memiliki hubungan dengan marketing mix Toko SIMPAKO adalah antara faktor pendapatan dan harga, yaitu dengan nilai chi-square sebesar 23,400, karena tinggi rendahnya pendapatan konsumen mempengaruhi perilaku mereka dalam memutuskan untuk melakukan pembelian. Antara faktor pendapatan konsumen dengan faktor kelengkapan produk, yaitu dengan nilai chi-square sebesar 31,537, karena dengan pendapatan yang tinggi biasanya konsumen cenderung membeli dalam ukuran besar dan sebaliknya, sehingga pihak toko harus melengkapi item dari jenis produk (menyediakan barang pengganti). Antara faktor pendapatan dengan faktor kualitas produk, yaitu dengan nilai chi-square sebesar 51,235, karena konsumen dengan pendapatan tinggi biasanya sangat mengutamakan kualitas pada saat melakukan pembelian produk, sedangkan konsumen yang penghasilannya rendah lebih dipengaruhi oleh faktor harga. Antara faktor pendidikan dengan faktor kualitas produk, yaitu dengan nilai chi-square sebesar 37,339, karena konsumen yang pendidikannya tinggi biasanya sangat memperhatikan kualitas produk terutama jika berhubungan dengan kesehatan misalnya lebih memilih kue-kue yang lebih mahal untuk dikonsumesi daripada makanan produksi pabrik yang menggunakan bahan pengawet) meskipun harganya relative lebih mahal. Antara faktor usia konsumen dengan faktor lokasi yang diberikan Toko SIMPAKO, yaitu dengan nilai chi-square sebesar 11,963, karena konsumen dengan usia tua biasanya enggan untuk berbela

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Soemarjati, Tj., MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis