Penulis Utama : Puji Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis network proses produksi kemeja batik tradisional pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3502048
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pelaksanaan proyek memerlukan perencanaan dan pengendalian yang baik terhadap semua kegiatan, agar kegiatan dapat terselasaikan tepat waktu dan efisien. Perencanaan bertujuan untuk menentukan tindakan – tindakan yang akan dilakukan di masa datang. Pengendalian mencakup pengawasan terhadap pekerjaan yang sekaligus dapat mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan. Dalam penelitian ini diambil satu macam produk garment PT. Batik Danar Hadi Surakarta yaitu kemeja batik sutera motif tradisional

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana urutan dan jaringan kerja dalam proses produksi, jalur kritis dalam proses produksi, dan probabilitas penyelesaian proses produksi sesuai dengan waktu yang telah ditargetkan. Metode yang dipakai dalam penelitian adalah menggunakan analisis network dengan metode PERT (program evaluation and review tehnique) yang nantinya menjadi masukan bagi perusahaan dalam melaksanakan fungsi perencanaan dan pengendalian proyek agar lebih baik.

Dari hasil analisis network diketahui jaringan kerja dan urutan kegiatan yang harus dijaga kontunitasnya yang juga merupakan jalur kritis yaitu pemotongan (A), press (B), penjahitan (C), pengobrasan (D), catil (E), pengesuman (F), pembuatan lubang kancing (G), pasang kancing (H), quality control (I), penyetriklaan (J), packing (K) dari analisis PERT diketahui bahwa waktu kritis dari penyelesaian satu unit kemeja batik tradisional adalah selama 203,18 menit. Sedangkan perusahaan menargetkan waktu penyelesaian selama 174 menit, dan probabilitas waktu penyelesaian  dengan waktu yang ditargetkan sebesar 0,14 % .

Dari penelitian pada divisi garment PT. Batik Danar Hadi Surakarta dengan menggunakan analisis network dan PERT menunjukkan bahwa angka probabilitas penyelesaian proyek kecil. Hendaknya perusahaan  menggunakan analisis network dan PERT dalam melakukan perencanaan  dan pengendalian yang lebih baik. Untuk dapat memcapai waktu yang ditargetkan perusahaan dapat menambah karyawan atau dengan sistem lembur dan dapat dengan menggunakan sistem penyonggo.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis