Penulis Utama : Anie Pujihastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Perbedaan penerapan metode income alternatif terhadap kinerja perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1301014
Subyek : BURSA EFEK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan utama penelitian ada dua, yaitu (1) untuk menentukan apakah ada perbedaan antara metode penentuan income konvensional dengan metode penentuan income alternatif, dan (2) untuk menentukan dampak penerapan metode penentuan income alternatif pada ukuran kinerja (ROI) perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Makna tujuan kedua ini adalah apakah ada perbedaan antara ROI dengan dasar penentuan income konvensional dengan ROI dengan dasar penentuan income alternatif. Untuk mencapai tujuan ini ada tiga hipotesa yang ditentukan dan diuji.

Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan angka indeks harga konsumen gabungan/nasional. Dari jumlah populasi 286 perusahaan,yang termasuk perusahaan manufaktur 150, dan sejumlah 30 perusahaan menjadi sampel penelitian. Ada dua jenis alat statistik, yaitu uji beda rata-rata dengan menggunakan paired sample t-test dan uji korelasi beda ranking (r test) Spearman yang digunakan untuk menguji hipotesis-hipotesis.

Hasil penelitian menyatakan bahwa ada perbedaan secara signifikan antara penentuan income konvensional dengan penentuan income alternatif. Hasil penelitian lainnya yaitu juga terdapat perbedaan secara signifikan antara kinerja (ROI) perusahaan manufaktur dengan cara konvensional dengan kinerja (ROI) perusahaan manufaktur dengan cara alternatif. Sesuai dengan hipotesa yang ada, hasil penelitian ketiga adalah bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ranking kinerja (ROI) yang ditentukan dengan cara konvensional dengan ranking kinerja (ROI) yang ditentukan dengan cara alternatif. Hasil penelitian diatas konsisten dengan penelitian sebelumnya.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran sebagai berikut ini, yaitu (1) bahwa sebaiknya dalam pengambilan keputusan hendaknya melengkapi dengan laporan keuangan yang telah disesuaikan dengan tingkat harga umum untuk menghasilkan keputusan yang lebih relevan akibat dari adanya pengaruh inflasi (2) diharapkan adanya pembahasan/penelitian lebih lanjut mengenai akuntansi inflasi bagi pihak-pihak yang tertarik terhadap masalah inflasi,dan (3) diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengurangi keterbatasan yang ada dalam penelitian ini.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis