Penulis Utama : Widodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3300220
Tahun : 2005
Judul : Analisis rasio keuangan untuk menilai kinerja PT. Batik Keris Sukoharjo Periode 1998-2000
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.EKonomi NIM F3300220
Subyek : ANALISA LAPORAN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT. Batik Keris Sukoharjo merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan batik, perusahaan ini tergolong dalam perusahaan manufaktur. Analisis laporan keuangan sangat penting bagi suatu perusahaan untuk mengetahui gambaran sebenarnya mengenai posisi keuangannya, serta untuk mengetahui perkembangan usaha perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kinerja PT. Batik Keris Sukoharjo dari tahun 1998 sampai tahun 2000. Masalah yang hendak dicari jawabannya dari penelitian ini adalah bagaimanakah kinerja dari PT. Batik Keris Sukoharjo yang merupakan salah satu perusahaan tekstil yang tetap eksis/bertahan pada masa krisis yang terjadi di Indonesia, yaitu pada tahun 1998 sampai tahun 2000.

Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis horizontal/perbandingan dan analisis rasio untuk menganalisis laporan keuangan PT. Batik Keris selama tiga periode (1998-2000). Analisis dilakukan dengan menggunakan rasio likuiditas yaitu current ratio dan quick ratio, rasio solvabilitas yaitu total debt to equity ratio, total debt to total capital assets ratio dan long term debt to equity ratio, serta rasio rentabilitas yaitu gross profit margin, net profit margin, net rate of return o n investment dan rate of return for the equity.

Hasil perhitungan dan analisis menunjukkan bahwa PT. Batik Keris mempunyai tingkat likuiditas yang cukup tinggi yaitu di atas 100%. PT. Batik Keris juga memiliki tingkat solvabilitas yang cukup baik karena kekayaan yang dimiliki perusahaan lebih banyak daripada total hutang yang dimiliki, begitu juga modal sendiri yang dimiliki perusahaan lebih banyak daripada total hutang. Profitabilitas PT. Batik Keris dari tahun 1998 sampai tahun 2000 terus mengalami penurunan, hal ini disebabkan oleh kecilnya laba bersih perusahaan.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran yaitu agar perusahaan mengurangi jumlah persediaan yang ada, sehingga dapat diperoleh tingkat perputaran produk yang cepat. Saran yang diberikan selanjutnya yaitu dengan meningkatkan laba bersih perusahaan dengan memperbesar volume penjualan, dan menekan biaya yang semakin tahun semakin tinggi.

Keyword: Laporan keuangan, Neraca, Laba-rugi, Aktiva, Hutang, Modal, Likuiditas, Solvabilitas, Rentabilitas, Analisis rasio, Analisis perbandingan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis