Penulis Utama : Winarni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh kinerja finansial dan karakteristik perusahaan terhadap abnormal return saham pada perusahaan yang tercantum dalam indeks LQ 45 BEJ tahun 1999-2002
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0201116-2004
Subyek : KEUANGAN, MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kinerja finansial dan karakteristik perusahaan berpengaruh terhadap abnormal return saham perusahaan yang tercantum dalam Indeks LQ 45 di BEJ tahun 1999-2002. Sehubungan dengan masalah tersebut digunakan hipotesis bahwa kinerja finansial dan karakteristik perusahaan baik secara simultan maupun secara parsial berpengaruh terhadap abnormal return saham.

Sejalan dengan masalah dan hipotesis pokok tersebut, metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik dengan analisis regresi berganda, dengan sampel penelitian sebanyak 77. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik ini digunakan karena mengingat sampel yang diambil harus memenuhi kriteria tertentu sesuai dengan tujuan penelitian.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perubahan (D) EPS, D ROA, ukuran, jenis, dan usia perusahaan mempunyai pengaruh yang lemah dalam menjelaskan terjadinya abnormal return saham. Hal ini terlihat dari nilai R2 yang hanya sebesar 11,8%, dan (2) signifikansi F dan t lebih besar dari 5% yang berarti menerima hipotesis nol (Ho) dimana perubahan (D) EPS, D ROA, ukuran, jenis, dan usia perusahaan tidak berpengaruh terhadap abnormal return saham baik secara simultan maupun parsial.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran: (1) bagi penelitian selanjutnya untuk menambah atau mengganti dengan variabel-variabel lain yang mungkin lebih relevan, (2) menambah jumlah sampel dan periode waktu penelitian untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, dan (3) perlu untuk mempertimbangkan faktor-faktor ekonomi yang terjadi, seperti tingkat suku bunga dan inflasi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis