Penulis Utama : Eko Ibnu Hadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis efisiensi teknis dan ekonomis usahatani kacang hijau di Kabupaten Grobogan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : 64 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0199031
Subyek : EKONOMI-ASPEK PERTANIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tanaman kacang hijau di Indonesia sampai saat ini masih menduduki tempat ketiga diantara tanaman kacang-kacangan yang lain setelah tanaman kacang tanah dan kedelai. Sampai saat ini perhatian perhatian masyarakat terhadap kacang hijau masih kurang, yang menjadi penyebabnya antara lain hasil yang dicapai perhektarnya masih rendah, disamping itu panen kacang hijau ini harus dikerjakan beberapa kali, padahal manfaat kacang hijau sebagai makanan rakyat sangat penting karena banyak mengandung vitamin terutama vitamin B1, selain itu tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk hijau.

Tanaman kacang hijau dalam proses produksinya menggunakan faktor-faktor produksi antara lain ; luas lahan, bibit, pupuk, pestisida,dan tenaga kerja, kemudian permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh faktor produksi luas lahan, bibit, pupuk, pestisida dan tenaga kerja terhadap produksi kacang hijau dan apakah penggunaan faktor-faktor produksi tersebut telah dilakukan dengan efisien baik secara teknis maupun secara ekonomis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh dari faktor produksi luas lahan, bibit, pupuk, pestisida dan tenaga kerja terhadap hasil produksi kacang hijau di Kabupaten Grobogan serta untuk mengetahui efisiensi teknis dan ekonomis dari penggunaan faktor produksi yang digunakan.

Berdasarkan pada permasalahan tersebut, penulis mengajukan hipotesis yaitu diduga bahwa faktor produksi luas lahan, bibit, pupuk, pestisida dan tenaga kerja berpengaruh positif terhadap produksi kacang hijau di Kabupaten Grobogan dan diduga juga bahwa faktor-faktor produksi tersebut belum memenuhi kriteria efisiensi teknis dan belum mencapai efisiensi ekonomis.

Untuk menentukan daerah dalam pengambilan sampel menggunakan teknik area random sampling dimana daerah yang penduduknya dijadikan sebagai sumber data adalah Kabupaten Grobogan, kemudian untuk menentukan kecamatan yang terdapat di Kabupaten Grobogan yang dijadikan objek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan untuk pemilihan petani yang dijadikan responden menggunakan teknik Snowball Sampling dengan jumlah responden sebanyak 86 orang petani.

Model analisis yang digunakan adalah model fungsi produksi Cobb Douglas, sedangkan pengujian terhadap hasil regresi dari fungsi produksi tersebut meliputi uji statistik (uji t, uji f, koefisien determinasi) dan uji asumsi klasik (uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi).

Berdasarkan analisis data dari fungsi produksi Cobb Douglas dapat disimpulkan bahwa faktor produksi luas luas lahan, bibit, pestisida dan tenaga kerja mempunyai pengaruh yang positif dan nyata terhadap hasil produksi kacang hijau, sedangkan faktor produksi pupuk memiliki pengaruh yang positif dan tidak nyata terhadap hasil produksi kacang hijau.

Dalam penggunaan faktor produksi luas lahan, pupuk dan pestisida ternyata belum mencapai tahap efisiensi teknis karena nolai MPP > APP, ini berarti pengunaan faktor produksi luas lahan, pupuk dan pestisida masih dapat ditingkatkan lagi. Sedangkan untuk faktor produksi bibit dan tenaga kerja ternyata tidak efisien secara teknis, hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien regresinya yang lebih kecil dari 1 sehingga nilai MPP < APP, ini berarti penggunaan faktor produksi bibit dan tenaga kerja perlu dikurangi apabila ingin meningkatkan jumlah hasil produksi kacang hijau.

Apabila dilihat dari kriteria efiseiensi ekonomis ternyata semua faktor produksi yang digunakan dalam proses produksi belum efisien secara ekonomis, karena nilai dari MPPnya masih jauh lebih besar dari harga faktor produksi/harga hasil produksi sehingga pnggunaan faktor produksi masih dapat terus ditingkatkan hingga tercapai efisiensi ekonomis.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis