Penulis Utama : Muchamad Ismawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Religiositas Tokoh Arleta dalam Novel “Memburu Kalacakra” Karya Ani Sekarningsih, Sebuah Pendekatan Semiotik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra - 2005
Kolasi : xiii, 99 hal.:lamp.
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0100037
Subyek : NOVEL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini berjudul Religiositas Tokoh Arleta dalam Novel “Memburu Kalacakra” Karya Ani Sekarningsih, Sebuah Pendekatan Semiotik. Masalah-masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimanakah pokok-pokok permasalahan religiositas yang terdapat di dalam novel Memburu Kalacakra karya Ani Sekarningsih?; (2) Bagaimanakah pemaknaan yang dihadirkan oleh aktivitas dan peristiwa yang dialami tokoh-tokohnya yang mengacu pada tema novel Memburu Kalacakra? Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan agar dapat: (1) Menemukan dan mendeskripsikan pokok-pokok permasalahan religiositas yang terdapat di dalam novel Memburu Kalacakra karya Ani Sekarningsih; (2) Mengungkapkan pemaknaan yang dihadirkan oleh aktivitas dan peristiwa yang dialami tokoh-tokohnya yang mengacu pada tema novel Memburu Kalacakra.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotik. Alasan dipilihnya jenis pendekatan semiotik karena kuatnya unsur simbol yang dihadirkan dalam setiap aktivitas tokoh utamanya yang berupa unsur-unsur religi dan agama.

Objek penelitian ini adalah berupa masalah-masalah religi yang dihadirkan oleh tokoh utamanya, bentuk-bentuk aktivitas, dan simbol-simbol dalam setiap unsur religi. Sumber data yang digunakan adalah novel Memburu Kalacakra dan sumber lain yang berupa tulisan ilmiah yang membahas novel Memburu Kalacakra dalam internet dan dalam koran-koran. Proses analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Tahap deskripsi, yaitu seluruh data yang diperoleh dihubungkan dengan persoalan, setelah itu dilakukan tahap pendeskripsian; (2) Tahap klasifikasi, yaitu data-data yang telah dideskripsikan kemudian dikelom-pokkan menurut kelompoknya masing-masing sesuai dengan permasalahan yang ada; (3) Tahap analisis, yaitu semua data-data yang telah diklasifikasikan menurut kelompoknya masing-masing dianalisis menggunakan pendekatan semiotik; (4) Tahap interpretasi data, yaitu upaya penafsiran dan pemahaman terhadap hasil analisis data sehingga didapat pemahaman secara menyeluruh dan utuh. Hal tersebut dapat dicapai lewat pemahaman serta wawasan pengetahuan lainnya; (5) Tahap evaluasi, yaitu seluruh data-data yang sudah dianalisis dan diinterpretasikan tidak ditarik kesimpulan begitu saja. Data-data tersebut harus diteliti kembali, agar dapat diperoleh penilaian yang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

Dari hasil analisis novel Memburu Kalacakra dengan pendekatan semiotik diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Persoalan-persoalan agama yang dihadirkan di dalam novel Memburu Kalacakra merupakan pencerminan dari persoalan-persoalan yang dapat ditemukan di dalam kehidupan beragama dewasa ini. Pertanyaan-pertanyaan dan perenungan-perenungan yang dilontarkan tokoh Arleta adalah simbol dari beragamnya permasalahan keagamaan yang terus bermunculan dewasa ini dan tidak menutup kemungkinan fenomena permasalahan keagamaan ini akan terus bermunculan di masa-masa yang akan datang; (2) Nilai religiositas yang ditampilkan dalam novel ini, mampu membuka hati dan lebih memberi penjelasan bahwa dalam menghadapi kehidupan, seseorang harus mampu menggabungkan formalisme hukum agama dengan religiositas yang otentik, karena dengan begitu akan mudahlah mengatasi semua rintangan yang pasti ada selama manusia ada
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Bani Sudardi, M.Hum
2. Drs. A. Prasojo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa