Penulis Utama : Rismayana Anandika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Z-Score altman sebagai alat prediktor kebangkrutan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta abstraksi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0399065-2004
Subyek : BURSA EFEK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Gejolak moneter yang terjadi di Indonesia pada awal semester II tahun 1997 membawa pengaruh besar terhadap investasi di pasar modal. Krisis moneter yang terjadi telah membuat dunia usaha terpuruk disebabkan hutang dolar yang membengkak, tingkat penjualan menurun, tingkat bunga yang tinggi dan berbagai akibat lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rasio-rasio keuangan yang terdapat dalam formula Altman dapat digunakan untuk memprediksi kebangkrutan sebuah perusahaan.

      Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ pada tahun 1997 dan 1998 dengan pengambilan sampel secara purposive. Jumlah sampel yang diambil adalah 38 perusahaan yang dikelompokkan dalam dua kategori yaitu 19 perusahaan bangkrut dan 19 perusahaan tidak bangkrut.

          Hasil analisis  data dengan menggunakan z-score Altman menunjukkan bahwa dari 19 perusahaan yang diprediksi bangkrut terdapat 10 % perusahaan yang bangkrut, 8 % perusahaan tidak bangkrut dan 32 % perusahaan yang masuk dalam kategori grey area, dan 19 perusahaan yang diprediksi tidak bangkrut terdapat 15 % tidak bangkrut, 5 % bangkrut dan 30 % masuk dalam kategori grey area (daerah kelabu)

          Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik deskriptif menunjukkan bahwa z-score Altman signifikan untuk diimplementasikan sebagai prediktor kebangkrutan perusahaan, dan rata-rata rasio keuangan dalam formula Altman yaitu rasio yang dikelompokkan dalam rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio leverage, dan rasio aktivitas dapat digunakan untuk memprediksi kebangkrutan  sebelum terjadinya kebangkrutan.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis