Penulis Utama : Sri Pujiastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Studi tentang perekrutan dan seleksi karyawan PT. Aksara Solopos Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0300091
Subyek : MANAJEMEN PERUSAHAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sumber-sumber yang dapat digunakan PT. Aksara Solopos untuk mendapatkan karyawan. (2) Untuk mengetahui metode yang digunakan PT. Aksara Solopos untuk menarik karyawan yang berasal dari berbagai sumber. (3) Untuk mengetahui kualifikasi yang dibutuhkan PT. Aksara Solopos dalam mengadakan seleksi calon karyawan. (4) Untuk mengetahui prosedur yang digunakan PT. Aksara Solopos dalam penyelengaraan seleksi calon karyawan.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan strategi tunggal terpancang. Artinya memfokuskan pada satu pemecahan masalah yakni perekrutan dan seleksi karyawan dengan mendeskripsikan data dan fenomena yang ada di PT. Aksara Solopos berupa kata-kata tertulis atau lisan dari informan dan perilaku yang diamati secara langsung. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling (sampel bertujuan) dengan teknik snowball sampling. Artinya pengambilan sampel tidak ditekankan pada jumlah, melainkan lebih ditekankan pada kualitas pemahamannya kepada masalah yang diteliti. Jumlah sampel akan berkembang (Snow Ball) yaitu dari satu informan ke informan yang lain sampai informasi yang dibutuhkan mencukupi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model analisis interaktif (Interactive of analysis) yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan dan dianalisis maka hasil penelitian sebagai berikut: (1) Sumber-sumber yang digunakan PT. Aksara Solopos untuk mendapatkan calon karyawan secara garis besar meliputi dua hal: sumber internal dan sumber eksternal. Sumber internal antara lain: promosi dan transfer. Sumber eksternal antara lain: out sourcing, sekolah, referal karyawan, advertensi. (2) Metode yang digunakan PT. Aksara Solopos untuk menarik calon karyawan yang berasal dari berbagai sumber meliputi dua hal: metode internal dan metode eksternal. Metode internal antara lain: daftar ketrampilan, daftar penilaian prestasi kerja karyawan, rekomendasi karyawan. Metode eksternal antara lain: iklan di koran, iklan di radio, rekrutmen berdasarkan kontrak, institusi pendidikan (3) Kualifikasi yang dibutuhkan PT. Aksara Solopos dalam mengadakan seleksi calon karyawan antara lain: pendidikan, fisik, kesehatan, jenis kelamin, keahlian, hubungan kekerabatan, pengalaman, umur, permintaan gaji, bakat, kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, kerjasama, inisiatif dan kreatifitas. (4) Prosedur yang digunakan PT. Aksara Solopos dalam penyelengaraan seleksi calon karyawan meliputi: pengiklanan, seleksi berkas, tes tertulis, tes wawancara, pemeriksaan referensi, tes psikologi, tes kesehatan, magang profesi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Soemarsono, M.Pd
2. Dra. Dewi Kusuma W., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis