Penulis Utama : Nurul Istikomah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis pengaruh atribut harapan konsumen restoran terhadap niat pembelian ulang : Studi pada restoran ayam bakar Wong Solo Cabang Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0202007
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh atribut harapan konsumen Restoran Ayam Bakar Wong Solo terhadap niat pembelian ulang. Sehubungan dengan masalah tersebut, diajukan hipotesis sebagai berikut: (1) Kualitas makanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian ulang, (2) Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian ulang, (3) Harga/nilai makanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian ulang, (4) Tempat/suasana restoran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian ulang, (5) Secara bersama-sama kualitas makanan, kualitas pelayanan, harga/nilai makanan, dan tempat/suasana restoran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian ulang, (6) Kualitas makanan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap niat pembelian ulang pada konsumen restoran.

            Sejalan dengan masalah dan hipotesis penelitian, maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode convenience sampling dalam pengambilan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Pengukuran terhadap tanggapan responden terhadap kuesioner dengan menggunakan 5 jenjang skala Likert, kemudian data yang telah terkumpul diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya untuk mengetahui seberapa cermat dan konsisten alat ukur yang digunakan.

            Analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif yang digunakan untuk menganalisis profil responden dan tanggapan responden terhadap tiap item pertanyaan dalam kuesioner. Sedangkan untuk pengujian hipotesisnya digunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan R2. Dari hasil analisis deskriptif dapat diketahui bahwa, distribusi berdasar jenis kelamin menunjukkan bahwa dari 100 responden, 66 responden pria dan 34  responden wanita. Berdasar usia, 7 responden berusia ≤ 18 tahun, 48 responden berusia 19-25 tahun, 37 responden berusia 29-39, 8 responden berusia 40-59 tahun. Berdasar pendidikan, 38 responden berpendidikan D3, 51 responden berpendidikan S1, 2 responden berusia S2. Berdasar pekerjaan, 34 responden pelajarmahasiswa, 12 reponden pegawai negri, 37 responden karyawan swasta, 14 responden wiraswasta, dan 3 responden lain-lain. Besarnya pengeluaran untuk makan tiap bulan, 29 responden Rp 100.000-Rp 300.000, 31 responden Rp 301.000-Rp 500.000, dan 40 responden >Rp500.000.berdasar tempat tinggal, 54 responden dari Surakarta dan 46 responden dari luar Surakarta. Dari tanggapan responden terhadap pertanyaan dalam kuesioner menunjukkan bahwa secara umum responden menilai Restoran Ayam Bakar Wong Solo memiliki kualitas makanan yang tinggi, kualitas pelayanan yang sedang, harga/nilai makanan yang murah, dan tempat/suasana yang baik. Secara umum, niat responden untuk melakukan pembelian ulang tinggi.

            Dari hasil analisis regresi berganda, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y=0,384+0,431X1+0,235X2+0,237X3+0,115X4. Ini berarti ada pengaruh yang positif dari atribut harapan konsumen terhadap niat pembelian ulang. Dari uji F diperoleh Fhitung (173,877) > Ftabel (2,53).dengan begitu dapat diartikan atribut harapan konsumen restoran secara bersama-sama berpengaruh terhadap niat pembelian dan itu berarti hipotesis lima terbukti. Dari uji t untuk kualitas makanan, kualitas pelayanan, harga/nilai makanan dan tempat/suasana masing-masing diperoleh thitung (7,402), (5,527), (3,537), (2,145) > Ttabel (1,96). Ini berarti kualitas makanan, kualitas pelayanan, harga/nilai makanan, dan tempat/suasana secara parsial memiliki pengaruh terhadap niat pembelian ulang, dan hipotsis kedua sampai keempat terbukti. Dapat diketahui pula bahwa kualitas makanan memiliki pengaruh dominan dalam penelitian ini. Dari uji R2 dihasilkan bahwa kualitas makanan, kualitas pelayanan, harga/nilai makanan, dan tempat/suasana berpengaruh terhadap niat pembelian ulang sebesar 88%, sedangkan 12% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini.

            Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah kualitas makanan, kualitas pelayanan, harga/nilai makanan, dan tempat/suasana secara parsial maupun bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian ulang. Beberapa saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah kualitas makanan dapat ditingkatkan dengan melakukan inovasi pada menu makanannya, kualitas pelayanan dapat ditingkatkan dengan melakukan training pada karyawan, menjaga kesesuaian harga yang ditetapkan dengan kualitas produk makanan dan minuman yang diberikan, dan restoran harus tetap memelihara fasilitas yang dimiliki. Untuk penelitian selnjutnya, sebaiknya memperbesar jumlah sampel dan dilakukan pada objek yang berbeda, serta peru memperhatikan faktor lain seperti faktor sosial.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Joko Suyono, SE, Msi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis