Penulis Utama : R.Woro Ari Prianto S
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh fraksi berat sekam terhadap sifat mekanik dan fisik komposit unsaturated polyester resin (UPRs)-sekam
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2004
Kolasi : xi, 48 hal.:ilus.,lamp.
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0499037
Subyek : FRAKSI BERAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh fraksi berat sekam terhadap kekuatan tarik, bending, dan impak serta konduktivitas panas komposit UPRs-Sekam. Komposit dibuat dengan menggunakan bahan resin unsaturated polyester Yukalac® 157 BQTN-EX dan sekam padi IR64 sebagai bahan pengisi (filler). Sekam digiling dan disaring sehingga didapatkan serbuk sekam dengan ukuran ±20 mesh. Serbuk sekam dioven pada temperatur 110ºC selama 45 menit untuk mendapatkan kadar air ±7%. Serbuk sekam dicampur dengan resin untuk dibuat komposit dengan variasi fraksi berat sekam 0, 5, 15, 25, dan 30%. Komposit dicure pada temperatur ruang selama 24 jam dan post cure pada temperatur 60°C selama 4 jam. Pengujian tarik, bending, impak dan konduktivitas panas komposit berturut-turut mengacu pada standard ASTM D 638, ASTM D 790, ASTM D5941, dan ASTM E 1225.

Hasil penelitian menunjukkan kekuatan tarik, bending, dan impak komposit menurun seiring dengan bertambahnya fraksi berat sekam. Komposit dengan fraksi berat sekam 30% mengalami penurunan kekuatan tarik, bending, dan impak terbesar yaitu berturut-turut sebesar 68%, 64,5%, dan 65% dari kekuatan tarik, bending dan impak resin murni. Namun modulus elastisitas tarik dan bending komposit meningkat seiring dengan bertambahnya fraksi berat sekam yaitu sebesar 54% dan 14% dari nilai modulus elastisitas tarik dan bending resin murni pada komposit dengan fraksi berat sekam 30%. Nilai konduktivitas panas komposit meningkat seiring dengan bertambahnya fraksi berat sekam, yaitu sebesar 167,4% dari nilai konduktivitas panas resin murni pada fraksi berat sekam 30%

Permukaan patah uji tarik, bending, dan impak komposit diamati dengan menggunakan stereozoom microscope dan terlihat bahwa ikatan antarmuka antara matrik dan sekam lemah yang terlihat dengan semakin banyaknya jumlah lubang-lubang pull-out (pull-out holes) pada permukaan patahnya seiring dengan bertambahnya fraksi berat sekam.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Wijang Wisnu Raharjo, MT
2. Dody Ariawan, ST, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik