Penulis Utama : Endang Sulastri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Evaluasi sistem penggajian pada rumah sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3301510-2004
Subyek : SISTEM UPAH (GAJI)
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah sistem akuntansi penggajian pada rumah sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar yang meliputi fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, catatan akuntansi, jaringan yang membentuk prosedur, dan bagan alir.

Sehubungan dengan masalah tersebut maka diadakan evaluasi terhadap sistem akuntansi penggajian pada rumah sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mengetahui apakah sistem akuntansi penggajian yang diterapkan pada rumah sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar sudah benar sesuai dengan teori yang didapat oleh penulis beserta kelebihan dan kelemahannya.

Dari hasil evaluasi diketahui bahwa rumah sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar penulis menemukan beberapa kelebihan dan kelemahan. Kelebihan-kelebihan sistem akuntansi penggajian yang diterapkan rumah sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar adalah sebagai berikut: semua fungsi sudah memisahkan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, dokumen yang digunakan sudah lengkap antara lain dokumen pendukung perubahan gaji, jadwal, kartu jam hadir, daftar gaji, slip gaji, rekap pengeluaran gaji, tanda terima gaji, bukti kas keluar, semua biaya gaji telah dicatat dalam jurnal pengeluaran kas dan kartu penghasilan pegawai, semua dokumen telah diotorisasi oleh pihak yang berwenang. Kelemahan-kelemahannya adalah rumah sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar tidak memotong pajak atas penghasilan pagawainya, sehingga pegawai terlalu besar menerima gaji, belum pernah diadakan pemeriksaan mendadak terhadap pelaksanaan kerja pada setiap bagian unit kerja, rumah sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar belum mempunyai audit intern yang berfungsi untuk mengevaluasi sistem dan prosedur yang ditetapkan manajemen puncak, serta menentukan keandalan informasi yang dihasilkan oleh berbagai bagian organisasi, dalam deskripsi jabatan tugasnya tidak mengacu pada fungsi pokoknya.

Kelemahan-kelemahan yang ditemukan dalam sistem akuntansi penggajian rumah sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar mendorong penulis memberikan saran-saran yang diharapkan dapat membantu memperbaiki sistem akuntansi penggajian yang diterapkan rumah sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis