Penulis Utama : Anung Suryono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Studi tentang penanganan perkara kejahatan kartu kredit oleh kepolisian di kota semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E0002078
Subyek : KRIMINAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perkembangan teknologi disamping membawa sisi kemanfaatan (utility) bagi manusia, ternyata menimbulkan sebuah kejahatan dengan modus operandi yang baru dan canggih. Salah satunya adalah kejahatan kartu kredit, baik yang dilakukan secara konvensional (off line) maupun dengan sarana komputer secara o nline.

Masalah yang dikaji mencakup dua hal : (1) Bagaimanakah penanganan perkara kejahatan kartu kredit oleh Kepolisian di kota Semarang ? (2) Apa yang menjadi kendala dalam proses penanganan pekara kejahatan kartu kredit di kota Semarang ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanganan kejahatan kartu kredit khususnya yang dilakukan oleh Kepolisian di kota Semarang serta kendala-kendala yang dihadapi di lapangan.

Metode dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan apabila dilihat dari tujuannya termasuk penelitian hukum normatif-empiris. Lokasi penelitian adalah Polwiltabes Semarang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara dan studi kepustakaan yang berupa buku-buku, jurnal ilmiah, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen dan sebagainya. Analisis data menggunakan interactive models of analisys.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa penanganan perkara kejahatan kartu kredit dimulai dengan penyelidikan untuk mendapatkan kepastian tentang tindak pidana yang dilaporkan yang dilakukan dengan cara olah tempat kejadian perkara (TKP) yang diikuti dengan penangkapan dan penyitaan. Setelah diperoleh kepastian bahwa perbuatan yang dilakukan pelaku adalah tindak pidana, dilakukan proses penyidikan. Pada tahap ini dilakukan pemeriksaan terhadap tersangka, saksi-saksi dan mendatangkan saksi ahli. Jika dirasa penyidikan sudah cukup, penyidik membuat resume dan diakhiri dengan penyerahan berkas perkara kepada penuntut umum. Disamping itu aparat kepolisian juga melakukan upaya preventif sebagai langkah pencegahan. Kendala yang dihadapi Kepolisian adalah penyidik kesulitan menangkap pelaku pemalsu kartu kredit, pemegang kartu yang dipalsu sulit dihubungi, sulit mendapatkan pembanding kartu kredit asli, sulit mendapatkan data yang menyangkut rahasia bank, persepsi para penegak hukum masih lemah, kerjasama dengan penegak hukum belum melembaaga. Kendala yang dihadapi dalam penanganan carding adalah sulit menangkap pelaku, barang bukti yang didapat sangat minim, kurangnya SDM, sarana dan prasarana serta pengetahuan penyidik.

Implikasi teoritis penelitian ini adalah adanya aturan hukum yang secara spesifik mengatur kejahatan kartu kredit, baik konvensional maupun melalui internet, implikasi praktisnya adalah penelitian ini dapat dipakai sebagai rujukan penanganan kejahatan kartu kredit.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sri Wahyuningsih Yulianti, SH
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum