Penulis Utama : Sri Murniatiningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pemakaian bahasa pada iklan rokok di media cetak
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K1202041
Subyek : IKLAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) pilihan kata yang digunakan dalam iklan rokok di media cetak, 2) pemakaian kalimat dalam iklan rokok di media cetak, 3) gaya bahasa yang digunakan dalam iklan rokok di media cetak, 4) faktor-faktor yang melatarbelakangi kekhasan pemakaian bahasa pada iklan rokok di media cetak.

            Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berupa dokumen dan informan. Cuplikan yang diambil adalah iklan rokok di media cetak ( poster, stiker, dan baliho). Teknik cuplikan menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara.  Teknik dokumentasi iklan rokok  di media cetak yang terpasang pada bulan Januari 2006 sampai dengan Maret 2006. Informan yang dipakai sebgai narasumber adalah pemasang iklan rokok Sampoerna, Gudang Garam, Djarum, dan Saritoga. Guna mencapai validitas data, digunakan trianggulasi teori dan sumber.  Trianggulasi teori dijalankan dengan memeriksa derajat kepercayaan fakta-fakta tertentu dengan satu atau lebih teori sedangkan trianggulasi sumber berarti mengecek balik serta membandingkan derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui alat yang berbeda dalam metode kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif yaitu reduksi dan sajian data disusun pada waktu peneliti sudah mendapat data yang diperlukan dalam penelitian serta peneliti menarik kesimpulan dan verifikasinya berdasarkan semua hal yang terdapat dalam reduksi maupun sajian datanya..

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pilihan kata atau diksi yang digunakan dalam iklan rokok di media cetak antara lain: pemakaian kata ganti orang pertama tunggal dan orag pertama jamak, penanggalan konsonan dan vokal;  baik di awal kata maupun di tengah kata), penanggalan suku kata,pemakaian kata-kata atau istilah asing; yakni kata dari dialek Jakarta, Bahasa Jawa, serta bahasa Inggris, pemakaian kata bermakna konotasi, pemakaian afiks dialek Jakarta, pemakaian kata tidak baku, pemakaian kata bersinonim, serta pemakaian kata lugas.pilihan kata yang paling banyak digunakn dlam iklan rokok di media cetak adalah pemakaian kata lugas, yaitu sebanyak 22,5 %  2) Pemakaian kalimat dalam iklan rokok di media cetak, berwujud pemakaian bentuk kalimat yang kurang lengkap. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca iklan dalam memahami pesan yang disampaikan oleh pengiklan, agar pembaca iklan lebih tertarik sehingga pembaca akan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Selain itu pemakaian kalimatnya menggunakan kalimat yang padu, hemat, dan komunikatif agar tepat mengenai tujuan yang diharapkan oleh pemasang iklan. 3) Pemakaian gaya bahasa dalam iklan rokok di media cetak menggunakan 4  jenis gaya bahasa, yaitu: (1) gaya bahasa perbandingan meliputi, hiperbola, personifikasi, metonimia,  dan metafora; (2) gaya bahasa perulangan meliputi, aliterasi dan mesodiplosis; dan (3) gaya bahasa pertentangan yang meliputi, paradoks dan antitesis; (4) gaya bahasa sindiran meliputi, innuendo dan satire. Gaya bahasa yang paling banyak digunakan adalah gaya bahasa personifikasi. 4) Faktor-faktor yang melatarbelakangi kekhasan pemakaian bahasa pada iklan rokok di media cetak yaitu untuk menarik perhatian konsumen, sehingga konsumen mengetahui informasi yang disampaikan oleh pengiklan. Pilihan kata, pemakaian kalimat, dan gaya bahasa disebabkan adanya tujuan untuk melontarkan kritik dan sindiran kepada pihak-pihak tertentu, menciptakan suasana humor atau menghibur, serta kepentingan untuk menjelaskan tentang produknya, yang pada akhirnya tujuan yang diharapkan oleh pemasang iklan dapat terwujud, yakni pemasaran produk yang setinggi-tingginya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Suharyanti, M.Hum.
2. Drs. Purwadi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP