Penulis Utama : Gunawan Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Peran tentara teritorium IV diponegoro dalam pelaksanaan pemilu 1955 di Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0500034
Subyek : PEMILU
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mempergunakan analisis yaitu deskriptif analisis. Penelitian ini berusaha menggambarkan dan menganalisa tentang Peran Tentara Teritorium IV Diponegoro dalam Pelaksanaan Pemilu 1955 di Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) Kondisi sosial-politik di Jawa Tengah menjelang Pemilu 1955, (2) Pelaksanaan dan hasil Pemilu 1955 di Jawa Tengah, (3) Peran Tentara dan Territorium IV Diponegoro dalam pelaksanaan Pemilu 1955 di Jawa Tengah.

Penelitian ini menggunakan metode historis yang memiliki empat tahapan yaitu dengan mengumpulkan sumber dokumen baik sumber primer maupun sekunder (heuristik), mengadakan kritik baik intern maupun ektern, mengadakan seleksi terhadap data-data dan intepretasi sejarah serta mengadakan penulisan sejarah. Dengan begitu akan diperoleh data-data yang relevan dengan tema skripsi yang akan ditulis

Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa pada waktu menjelang Pemilu yaitu pada pelaksanaan kampanye kondisi sosial-politik semakin panas, karena partai-partai politik meningkatkan kegiatan kampanyenya. Tidak bisa dihindari dalam kampanye tersebut sering menimbulkan gesekan-gesekan pada tingkat masa. Pemilu 1955 dapat terlaksana dengan aman, lancar dan demokratis. Pemilu 1955 memiliki 2 tahap yaitu tahap pertama pemilihan untuk anggota DPR pada tanggal 29 September 1955 dan pemilu untuk anggota Konstituante pada tanggal 15 Desember 1955. Pada pemilihan untuk anggota DPR dan Konstituante menghasilkan empat partai besar yaitu PNI, PKI, NU dan Masyumi. Pada pemilihan DPR dan konstituante PNI menang di Kedu, Banyumas Pekalongan dan Pati, PKI menang di Semarang dan Surakarta.

Anggota tentara yang bernaung dalam Tentara&Teritorium IV Diponegoro juga memiliki peran penting dalam pemilu yaitu salah satunya menjalankan pengamanan dalam mensukseskan pemilu. Sebagai tugas yang diembannya untuk mengawal dan menjaga dari proses demokrasi yang sedang berjalan dengan mencegah segala kemungkinan dan tindakan yang mengarah timbulnya gangguan keamanan. Maka diadakan beberapa persiapan yang intensif guna kelancaran jalannya Pemilu. Persiapan intern adalah melakukan penerangan terhadap semua anggota tentara, latihan Pengendalian Huru-Hara, persiapan pencalonan yang berada di lingkungan divisi Diponegoro. Persiapan ektern adalah melakukan penerangan pada masyarakat, para tahanan bekerjasama dengan Jawatan Penerangan dan Kejaksaan di Jawa Tengah. Juga pengawalan pada surat suara dari pusat ke daerah dan sebaliknya. Tentara dalam pemilu 1955 ini, mampu menempatkan diri, tidak memihak dan menjalankan tugasnya dengan baik.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M.Pd
2. Drs. Andreas Susanto, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa