Penulis Utama : Azis Muslim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Perencanaan sistem distribusi rokok jambu bol dengan menggunakan distribution requirement planning (studi kasus: perusahaan Rokok Jambu Bol Kudus Unit Pemasaran Sumatera)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Teknik NIM.I0398009
Subyek : SISTEM DISTRIBUSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Selama ini perencanaan distribusi yang dilakukan oleh Perusahaan Rokok Jambu Bol Kudus (PRJBK) Wilayah Pemasaran Sumatera hanya berdasarkan intuisi dan kebiasaan masa lalu. Perencanaan kebutuhan untuk masa yang akan datang hanya berdasarkan penjualan 1 minggu sebelumnya. Penentuan kuantitas, waktu pemesanan dan safety stock tidak diperhitungkan dengan baik. Perencanaan distribusi yang dilakukan PRJBK Wilayah Pemasaran Sumatera diduga tidak efisien sehingga perlu dilakukan perbaikan.

Perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan distribution requirement planning (DRP). Perencanaan kebutuhan pada distributor tingkat paling bawah (distributor Tk.III) dilakukan dengan menggunakan metode peramalan double exponential smoothing with linear trend, karena metode ini memiliki nilai mean absolute deviation dan mean square error terkecil. Perencanaan kebutuhan pada distributor tingkat diatasnya (distributor Tk.I dan Tk.II) dihitung dengan proses explosion. Safety stock yang digunakan adalah safety stock pada kondisi constant demand and constant lead time dan variable demand and constant lead time. Penentuan kuantitas dan waktu pemesanan dilakukan dengan metode statis EOQ banyak item untuk pembelian bersama, statis EOQ, lot for lot, dan algoritma Wagner Within. Pemilihan metode tersebut disesuaikan dengan karakterisasi yang dilakukan pada setiap distributor.

Perbaikan yang dilakukan dengan menggunakan DRP ternyata dapat menghasilkan efisiensi yaitu sebesar 35% dari total biaya persediaan yang dikeluarkan perusahaan.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Yuniaristanto
2. Fakhrina Fahma
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik