Penulis Utama : Titi Nurhayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pengaruh penambahan ekstrak kentang pada medium vacin dan went terhadap pertumbuhan plantlet anggrek bulan Phalaenopsis sp. (P. Sogo Chamba “Yellow” >< P. Ching Ruey’s Ruby “Splash” )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Pertanian NIM.H0102048
Subyek : PHALAENOPSIS SP
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Anggrek merupakan tanaman hias yang sangat prospektif. Peningkatan produksi anggrek memerlukan bibit bermutu prima dalam jumlah yang memadai. Salah satu caranya dengan rekayasa media melalui penambahan ekstrak kentang dalam medium kultur jaringan untuk pertumbuhan plantlet anggrek.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan dan konsentrasi ekstrak kentang serta interaksinya terhadap pertumbuhan plantlet anggrek Phalaenopsis sp.dalam medium kultur jaringan (Vacin dan Went). Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Anggrek “Green Leaves Orchid” Salatiga dan di Laboratorium Fisiologi dan Bioteknologi Tanaman, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, pada bulan Oktober 2005 sampai Januari 2006.

Penelitian disusun secara faktorial dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan dua faktor. Faktor pertama adalah bahan ekstrak kentang terdiri atas tiga taraf yaitu, kulit, daging dan campuran kulit dan daging. Faktor kedua adalah konsentrasi ekstrak kentang terdiri dari tiga taraf yaitu 50 g/l, 100 g/l dan 150 g/l, sehingga terdapat 9 kombinasi perlakuan yang masing-masing perlakuan diulang 5 kali.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan bahan ekstrak kentang dari daging memberikan purata jumlah akar terbanyak yaitu 1,33. Perlakuan konsentrasi ekstrak kentang 50 g/l memberikan pengaruh terbaik pada tinggi plantlet (2,06 cm) dan saat muncul akar pertama (28,85 hari setelah tanam). Terdapat interaksi antara bahan dan konsentrasi ekstrak kentang terhadap panjang akar dan pada perlakuan bahan campuran dengan konsentrasi 50 g/l menghasilkan panjang akar terbesar yaitu 1,067 cm.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Sri Hartati, MP
2. Ir. Praswanto, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian