Penulis Utama : Widati Tri Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Evaluasi saluran distribusi pada peternakan ayam gema usaha ternak di Desa Ploso Kecamatan Jumapolo Kab. Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201127-2004
Subyek : PEMASARAN, MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Distribusi merupakan salah satu faktor penting dalam pemasaran, dimana dengan distribusi ini produk yang dihasilkan perusahaan dapat disebar langsung ke tangan konsumen. Dalam menentukan saluran distribusi, perusahaan harus memilih secara selektif perantara pemasaran yang akan membentuk saluran distribusi, sehingga distribusi dapat dilaksanakan secara efektif. Kesalahan dalam penerapan sistem distribusi dapat memperlambat bahkan memacetkan usaha penyaluran produk dari produsen ke konsumen.

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang saluran distribusi yang digunakan oleh peternakan Gema Usaha Ternak, dan untuk mengetahui saluran distribusi yang lebih menguntungkan diantara saluran-saluran yang digunakan oleh peternakan tersebut. Metodologi yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dengan pihak peternakan, dan studi pustaka.

Dalam peternakan Gema Usaha Ternak menggunakan 2 macam saluran distribusi tidak langsung yaitu saluran distribusi 3 tingkat dan 4 tingkat. Melalui saluran distribusi 3 tingkat peternak menjual ayam kepada para pedagang pengecer di pasar-pasar tradisional yang akan melayani konsumen. Sedangkan untuk saluran distribusi 4 tingkat peternak menggunakan dua perantara perdagangan yaitu pedagang besar dan pedagang pengecer.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa diantara dua saluran distribusi yang digunakan oleh peternakan Gema Usaha Ternak, saluran distribusi 4 tingkat lebih efektif dan menguntungkan bagi peternak karena dapat menghasilkan volume penjualan yang lebih besar dengan persentase biaya distribusi yang lebih kecil. Saran yang dapat penulis berikan adalah sistem distribusi sudah berjalan dengan baik dan tepat, maka sistem distribusi harus tetap dipertahankan dengan baik dengan menjalin kerja sama dan hubungan baik antara masing-masing bagian dalam sistem ditribusi agar distribusi dapat berjalan dengan lancar.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis