Penulis Utama : Yustina Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pelaksanaan penyelesaian sengketa kewarisan yang berkaitan dengan rijksblad Surakarta 1938 (studi kasus di PN Klaten)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E0002048
Subyek : HUKUM WARISAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelesaian sengketa kewarisan yang berkaitan dengan Rijksblad Surakara 1938 di Pengadilan Negeri Klaten dan memahami hambatan yang muncul dalam penyelesaian sengketa kewarisan yang berkaitan dengan Rijksblad Surakarta 1938 di Pengadilan Negeri Klaten serta cara mengatasinya.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk memberikan data yang seteliti mungkin tentang manusia, keadaan, atau gejala-gejala lainnya dan apabila dilihat dari tujuannya termasuk penelitian hukum empiris. Lokasi penelitian di Pengadilan Negeri Klaten. Jenis data yang dipergunakan meliputi data primer dan data sekunder. Sumber data yang dipergunakan adalah sumber data primer melalui wawancara dengan hakim dan panitera Pengadilan Negeri Klaten. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu wawancara dan penelitian kepustakaan yang berupa putusan PN Klaten. No. 20/Pdt. G/2003/PN. Klt, Peraturan Perundang-undangan dan buku-buku. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa penyelesaian sengketa kewarisan yang berkaitan dengan Rijksblad Surakarta 1938 sama dengan penyelesaian sengketa perkara perdata yang lainnya. Hanya saja dalam penyelesaian sengketa kewarisan ini, hakim menggunakan Rijksblad Surakarta 1938 sebagai hukum positif yang masih hidup dan dalam pertimbangan hukumnya hakim juga menggunakan Yuriprudensi, yaitu Yurisprudensi MA RI tanggal 8-1-1958 No. 307 K/SIP/1965 dan Yurisprudensi MA RI tanggal 26-11-1958 No. 361 K/ SIP/1958, keduanya tentang putusan rapat desa mengenai hak atas tanah sanggan. Hambatan yang muncul dalam penyelesaian perkara ini adalah sulitnya Pengadilan Negeri dalam mengartikan apa yang termuat dalam Rijksblad Surakarta 1938 dan untuk mengatasinya diperlukan seorang penerjemah hukum yang ahli dalam bahasa Jawa. Hambatan lainnya adalah mengenai waktu penyelesaian yang membutuhkan waktu yang cukup lama, yang dikarenakan banyaknya para pihak yang bersengketa dan minimnya pengetahuan tentang hukum kewarisan ini. Untuk mengatasi masalah ini pihak pengadilan memberikan pengertian tentang pentingnya kehadiran para pihak di persidangan dan memberikan penjelasan bahwa kewenangan hak atas tanah sanggan adalah kewenangan desa.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan referensi bagi pihak-pihak yang berkepentingan langsung serta yang memiliki masalah keperdataan, khususnya mengenai sengketa kewarisan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Harjono, S.H, M.H
2. Umar S. Kusumoharyono, S.H. M.H
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum