Penulis Utama : Ika Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis laporan keuangan untuk menilai kinerja PT. Kusumaputra Santoso Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3301516-2004
Subyek : ANALISA LAPORAN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Analisis laporan keuangan sangat perntig bagi suatu perusahaaan untuk mengetahui gambaran sebenarnya mengenai posisi keuangan, serta untuk mengetahui perkembangan usaha perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kinerja PT. Kusumaputra Santosa dari tahun 2001-2003.

   Masalah yang hendak dicari jawabanya dari penelitian ini adalah bagaimana kinerja PT. Kusumaputra Santosa yang bergerak dibidang industri tekstil, dilihat dari rasio  finansialnya. Penulis menganalisis laporan keuangan PT.Kusumaputra Santosa menggunakan analisis rasio keuangan berdasarkan analisis horisontal yaitu laporan neraca dan laporan rugi laba. Analisis dilakukan dengan mencari rasio likuiditas (current ratio, quick ratio, dan cash ratio ), rasio solvabilitas (total debt to equity ratio, dan total debt to total capital assets ), rasio profitabilitas (gross profit margin, net margin ratio, dan operating ratio ), dan rasio aktivitas ( inventory turn over, dan total assets turn over ).

    Menurut analisis yang  dilakukan diketahui bahwa likuiditas perusahaan menurun, solvabilitas juga ,menurun karena total hutang perusahaan lebih besar dibandingkan dengan total aktiva atau kekayaan perusahaan, sehingga perusahaan tidak mampu memenuhi kewajiban finansialnya, baik kewajiban jangka pendek maupun kewajiban jangka panjang. Rasio profitabilitas perusahaan tahun 2002 cukup baik, tetapi tahun 2003 profitabilitas perusahaan kurang baik, hal ini terjadi karena gross profit margin dan net margin ratio menurun dan operating ratio mengalami peningkatan, rasio aktivitas cukup baik, meskipun total assets turn over menurun tapi inventory tunr over meningkat, hal ini berarti bahwa perusahaan cukup efisien dalam mengelola aktivanya.

  Saran yang diusulkan oleh penulis adalah agar perusahaan mengendalikan harga pokok penjualanya, misal dengan memilih supplier yang menawarkan harga yang lebih menguntungkan, meningkatkan kestabilan perusahaan dengan cara menekan hutang lancarnya, menambah modal dengan cara mencari pinjaman kepihak ketiga, serta mengefisienkan dan mengefektifkan aktivitas operasi perusahaan terutama pada bagian pemasaran hasil  produksi.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis