Penulis Utama : Andiek Yuhono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh konflik pekerjaan keluarga terhadap kepuasaan kerja dan kepuasaan keluarga dengan dukungan sosial sebagai variabel moderator (study karyawan pada industri perbankan di surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200019-2004
Subyek : PERSELISIHAN TENAGA KERJA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah (1) apakah konflik pekerjaan-keluarga akan berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan keluarga; (2) apakah dukungan sosial dari tempat kerja akan memoderasi hubungan antara konflik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan kerja dan kepuasan keluarga; (3) apakah dukungan sosial dari keluarga akan memoderasi hubungan antara konflik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan kerja dan kepuasan keluarga. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis sebagai beikut: (1) konflik pekerjaan-keluarga akan berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja; (2) konflik pekerjaan-keluarga akan berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kepuasan keluarga; (3) dukungan sosial dari tempat kerja akan memoderasi hubungan antara konflik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan kerja dan konflik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan keluarga (H3a dan H3b); (4) dukungan sosial dari keluarga akan memoderasi hubungan antara konflik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan kerja dan konfllik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan keluarga (H4a dan H4b).

Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesis penelitian, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey sampel dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling terhadap karyawan perbankan di wilayah Surakarta. Adapun kriteria responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) telah menikah; (2) mempunyai pasangan (suami/istri) yang juga bekerja; dan (3) mempunyai anak. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi hierarkis dengan bantuan Program SPSS 11 for Windows.

Hasil analisis regresi hierarkis kepuasan kerja menunjukkan bahwa konflik pekerjaan-keluarga tidak berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan nilai t sebesar 1,793 dan taraf signifikani 0,076, dukungan sosial dari tempat kerja memoderasi hubungan antara konflik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan kerja dengan nilai t sebesar 4,271 dan taraf signifikansi 0,000 dan dukungan sosial dari keluarga juga memoderasi hubungan antara konflik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan kerja dengan nilai t sebesar 3,673 dan taraf signifikansi 0,000.

Hasil analisis regresi hierarkis kepuasan keluarga menunjukkan bahwa konflik pekerjaan-keluarga berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kepuasan keluarga dengan nilai t sebesar 5,804 dan taraf signifikansi 0,000, dukungan sosial dari tempat kerja tidak memoderasi hubungan antara konflik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan keluarga dengan nilai t sebesar 0,529 dan taraf signifikansi 0,598. Begitu juga dengan dukungan sosial dari keluarga tidak memoderasi hubungan antara konflik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan keluarga dimana nilai t-nya sebesar 1,972 dan taraf signifikansinya 0,052.

Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa konflik pekerjaan-keluarga tidak berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, sehingga hasil ini tidak mendukung hipotesis 1. Konflik pekerjaan-keluarga berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kepuasan keluarga dan ini mendukung hipotesis 2. Dukungan sosial dari tempat kerja memoderasi hubungan antara konflik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan kerja. Hasil ini mendukung H3a. Dukungan sosial dari tempat kerja tidak memoderasi hubungan antara konflik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan keluarga, sehingga tidak mendukung H3b. Dukungan sosial dari keluarga memoderasi hubungan antara konflik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan kerja dan ini mendukung H4a. Namun demikian dukungan sosial dari keluarga tidak memoderasi hubungan antara konflik pekerjaan-keluarga dengan kepuasan keluarga, sehingga tidak
mendukung H4b.

Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diajukan saran-saran bagi institusi perbankan untuk melakukan program-program yang menyangkut kehidupan kerja dan keluarga karyawan dan diharapkan baik dari pihak perusahaan (atasan dan rekan kerja) maupun dari keluarga untuk meningkatkan dukungan sosial guna mengurangi tingkat konflik pekerjaan-keluarga. Sementara untuk penelitian-penelitian di masa yang akan datang diharapkan untuk tetap memasukkan variabel-variabel demografis, melakukan penelelitian secara terpisah antara bank pemerintah dan bank swasta serta lebih memfokuskan pada level organisasi tertentu.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis