Penulis Utama : Purwanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis agency cost dan kebijakan dividen pada perusahaan tumbuh dan tidak tumbuh yang listed di Bursa Efek Jakarta tahun 2000-2004
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi 2006 - 2006
Kolasi : xviii, 82 hal.: ilus., lamp., tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0202096
Subyek : INVESTMENT OPPORTUNITY SET
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Investment Opportunity Set (IOS) merupakan opsi investasi di masa yang akan datang yang berfungsi sebagai prediktor pertumbuhan perusahaan. Smith dan Watts (1992) menyatakan bahwa IOS berhubungan dengan kebijakan dividen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah perusahaan tumbuh dan tidak tumbuh memiliki agency cost dan kebijakan dividen yang berbeda.

Untuk mengklasifikasi perusahaan kedalam perusahaan tumbuh dan tidak tumbuh, digunakan common factor analysis. Sebanyak lima variabel yang digunakan dalam penelitian ini sebagai indikator potensi pertumbuhan, yaitu price based proxies (PPE/BVA, P/E, MVE/BVE, MVA/BVA) dan Invesment-based proxies (CAP/BVA). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di BEJ selain lembaga keuangan, perbankan, sekuritas, asuransi dan perusahaan pemerintah. Dalam penentuan sampel dilakukan dua tahap, tahap pertama menggunakan metode puposive judgement sampling. Sampel yang memenuhi kriteria penelitian terdapat 212 perusahaan. Tahap kedua penyeleksian sampel berdasarkan nilai IOS, dengan menggunakan analisis faktor untuk mengklasifikasi kategori perusahaan tumbuh dan tidak tumbuh. Nilai IOS tersebut diperingkat dari yang tertinggi ke nilai yang terendah. Sampel yang indeks faktornya berada pada kuartil atas merupakan klasifikasi perusahaan yang tumbuh sedangkan sampel yang indeks faktornya berada pada kuartil bawah merupakan klasifikasi perusahaan yang tidak tumbuh. Sedangkan kuartil yang berada ditengah dihilangkan karena dianggap kurang ekstrim untuk membedakan klasifikasi perusahaan (Gaver dan Gaver, 1993). Maka diperoleh sampel sebanyak 106 perusahaan yang terdiri dari 53 perusahaan tumbuh dan 53 perusahaan tidak tumbuh.

Pengujian hipoesis dilakukan dengan menggunakan T-test dan Mann Whitney test. Hasilnya menunjukkan bahwa berdasarkan nilai agency cost proksi INSIDER tidak berbeda secara signifikan pada perusahaan tumbuh dan tidak tumbuh. Sementara untuk agency cost yang diukur dengan COLLASSET menunjukkan perbedaan secara signifikan. Dilihat dari mean ranknya agency cost pada perusahaan tumbuh lebih tinggi daripada perusahaan tidak tumbuh. Temuan ini sesuai dengan hipotesis satu dalam penelitian ini. Hal ini disebabkan free cash flow yang tinggi pada perusahaan tumbuh. Selain itu juga pada perusahaan tumbuh, tindakan para manajer semakin sulit diobservasi sehingga meningkatkan pemantauan yang menyebabkan agency cost yang tinggi.

Kebijakan dividen, dalam penelitian ini berbeda secara signifikan pada perusahaan tumbuh dan tidak tumbuh. Perusahaan tumbuh membayar dividen lebih tinggi daripada perusahaan tidak tumbuh. Temuan ini tidak konsisten dengan hipotesis dalam penelitian ini, namun sesuai dengan teori signaling effect yang menyatakan bahwa suatu kenaikan dividen yang lebih tinggi daripada yang diperkirakan merupakan “isyarat” bagi investor bahwa manajemen perusahaan memperkirakan peningkatan laba dimasa datang. Para manajer hanya akan menaikkan dividen bilamana laba di masa yang akan datang diharapkan akan meningkat. Oleh karenanya, kenaikan dividen mengandung informasi atau memberikan sinyal yang baik mengenai pertumbuhan perusahaan. Demikian juga dengan teori “bird in the hand” dan “smoothing theory” yang mendukung hasil penelitian ini. Adapun alasan lain adalah perusahaan tidak tumbuh mengalami kesulitan free cash flow untuk membayar dividen dibandingkan perusahaan tumbuh.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Heru Agustanto, SE, ME
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis