Penulis Utama : Kustriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Faktor-faktor yang mempengaruhi angka kematian balita di Indonesia tahun 2003
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xii, 61 hal.: ilus., tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0102038
Subyek : ANGKA KEMATIAN BALITA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi angka kematian balita di Indonesia tahun 2003. Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah bahwa angka kematian balita merupakan indikator yang penting untuk mencerminkan keadaan derajat kesehatan dan kondisi sosial ekonomi suatu negara. Hal ini semakin menjadi permasalahan karena masih relatif tingginya angka kematian balita di Indonesia.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder cross-section tahun 2003 yang bersumber dari Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2002-2003 ditunjang oleh studi pustaka. Untuk menganalisis pengaruh tingkat pengeluaran rumah tangga untuk kesehatan, tingkat melek huruf wanita, persentase anak yang menggunakan fasilitas kesehatan, persentase peduduk wanita yang ikut program Keluarga Berencana, persentase anak yang menggunakan kakus dengan tangki septik terhadap angka kematian balita di Indonesia digunakan model regresi linier berganda semi log dengan metode OLS (Ordinary Least Square). Proses pengujian yang digunakan terdiri dari pengujian secara statistik meliputi uji t, uji F, dan uji determinasi. Sedangkan untuk pengujian ekonometrika (asumsi klasik) meliputi Uji Heteroskedastisitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Autokorelasi.

Hasil penelitian menunjukkan variabel tingkat pengeluaran rata-rata rumah tangga untuk kesehatan per bulan, tingkat melek huruf wanita, persentase anak yang menggunakan fasilitas kesehatan, persentase peduduk wanita yang ikut program Keluarga Berencana secara signifikan berpengaruh negatif terhadap angka kematian balita di Indonesia, sedangkan variabel persentase anak yang menggunakan kakus dengan tangki septik tidak berpengaruh terhadap angka kematian balita Hasil Uji ekonometrika juga menunjukkan tidak adanya gangguan heteroskedastisitas, gangguan multikolinearitas, dan sedikit gangguan autokorelasi.

Melihat hasil analisis data ini, maka disarankan kepada pemerintah Indonesia lebih memusatkan perhatian terhadap program penurunan tingkat kematian balita dan perlu lebih meningkatkan upaya pelayanan kesehatan masyarakat, sehinggga fasilitas kesehatan yang ada dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Pemerintah Indonesia juga perlu meningkatan derajat sosial ekonomi masyarakat karena dengan semakin baik derajat sosial ekonomi akan dapat memperkecil angka kematian balita
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. GAA. Susilowati, SU
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis