Penulis Utama : Andriana Retno Palupi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Penerapan bauran promosi (promotional mix) dalam usaha meningkatkan jumlah pembeli pada toko buku Gramedia Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201008-2004
Subyek : IKLAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Dalam kegiatan promosi, perusahaan mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan pembeli guna mengenalkan keunggulan – keunggulan produknya.

Promosi mencakup sejumlah variabel utama. Variabel – variabel ini yang dikenal dengan bauran promosi, meliputi : periklanan, promosi penjualan, publisitas dan personal selling. Pemilihan variabel bauran promosi yang tepat merupakan kunci pokok kegiatan promosi suatu perusahaan. Dengan menggunakan media tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah pembeli.

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media promosi yang digunakan oleh toko buku Gramedia Surakarta dapat meningkatkan jumlah pembeli dan untuk mengetahui media yang paling efektif digunakan oleh Toko Buku Gramedia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan studi pustaka.

Media promosi yang digunakan oleh toko buku Gramedia Surakarta adalah periklanan, promosi penjualan, publisitas dan personal selling yang dilakukan dalam promosi ini  adalah memberitahu adanya produk baru dan adanya event - event khusus.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai media promosi apakah yang digunakan oleh toko buku Gramedia dan media promosi apakah yang paling efektif digunakan oleh toko buku Gramedia Surakarta dalam usaha meningkatkan jumlah pembeli. Analisa dan pembahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisa deskriptif.

              Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media yang paling efektif dalam mempengaruhi jumlah pembeli adalah publisitas sebesar 12,97 kemudian disusul oleh personal selling sebesar 16,21 dan promosi penjualan 28,37 dan yang terakhir adalah periklanan sebesar 36,6.

Saran dari penulis untuk media periklanan melalui radio supaya ditingkatkan lagi frekuensi penyiarannya, untuk penggunaan media promosi penjualan supaya dipertahankan, untuk media personal selling agar ditambah lagi  jumlah wiraniaganya dan untuk media publisitas agar biayanya ditambah lagi, karena publisitas merupakan media promosi yang paling efektif dalam mempengaruhi jumlah pembeli.

File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis